Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Freeport soal Runtuhnya Material di Tambang Bawah Tanah

Kompas.com - 04/04/2019, 19:15 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TIMIKA, KOMPAS.com - Insiden yang terjadi di tambang bawah tanah milik PT Freeport Indonesia, pada Rabu (3/4/2019), bukan longsor akibat dari adanya aktivitas geotech, tetapi jatuhnya material dari konveyor.

Juru bicara PT Freeport Indonesia, Riza Pratama mengatakan, insiden jatuhnya material dari jalur pengangkutan batuan bijih di area Ore Bin 6, Mile Post 74, Tembagapura, terjadi pukul 16.07 WIT.

Baca juga: Longsor di Tambang Freeport, Dua Karyawan Belum Ditemukan

Saat itu, material dari Pit Grasberg keluar dengan cepat melalui area Ore Bin 6 ketika karyawan sedang melakukan perbaikan pada sebuah feeder di area tersebut.

Hingga Kamis (4/4/2019) sore, tim penyelamat terus mencari dua karyawan yang hilang, yakni Kawi Yanto Waroy dan Taufik Adnin Rasyid.

Sementara, dua karyawan yakni Mesky Kambuan dan Yohanis Yoku, masih dalam observasi pihak medis di Rumah Sakit di Tembagapura, setelah pada hari Rabu sore kemarin berhasil diselamatkan.

Baca juga: Habis Sejak 15 Februari, Pemerintah Kembali Beri Izin Ekspor Freeport

"Dua korban selamat dengan cedera ringan telah dievakuasi dan masih dalam observasi pihak medis di Rumah Sakit," kata Riza, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis malam.

"Para petugas Geo Engineering dan Inspektur Tambang tengah dan akan melakukan investigasi di lokasi kejadian," tambah Riza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com