Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Rp 1,5 Juta demi Pekerjaan, Puluhan Calon Tenaga Kerja Malah Tertipu

Kompas.com - 04/04/2019, 17:51 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com — Puluhan calon tenaga kerja di Batam, Kepulauan Riau, dari sejumlah daerah mendatangi Polsek Batuaji, Kamis (4/4/2019).

Kedatangan mereka untuk membuat laporan setelah mereka sadar menjadi korban penipuan yang dilakukan DS (24).

Pelaku DS mengiming-imingi puluhan calon pekerja ini bisa masuk kerja ke TDK Muka Kuning setelah membayar sejumlah uang yang katanya untuk diberikan ke pihak perusahaan.

Namun, hingga tiga bulan lamanya, puluhan orang ini tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang dijanjikan DS. Bahkan, belakangan DS tidak bisa dihubungi sama sekali.

Kapolsek Batuaji Kompol Dale Munteh membenarkan adanya informasi tersebut. Namun, ia mengaku belum mengetahui apakah mereka sudah membuat laporan atau tidak.

Baca juga: Bongkar Praktik Penipuan 48 CPNS, Gubernur Bali Tempuh Jalur Hukum

Dali mengatakan, pihaknya sedang berusaha agar masalah itu diselesaikan secara kekeluargaan.

"Kalau tidak ada niat baik dari DS, dengan sangat terpaksa akan diteruskan dengan laporan polisi (LP)," kata Dali Munteh melalui pesan singkatnya, Kamis (4/4/2019).

Puluhan pekerja tersebut rata-rata sudah menyerahkan uang ke DS, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta yang dibuktikan dengan kuitansi.

Baca juga: Hendak Pinjam Rp 100 Juta via Online, Andi Malah Tertipu Rp 10 Juta

Yang paling disesalkan oleh mereka, kata Munteh, para calon tenaga kerja tersebut hanya diminta DS untuk datang pada 24 Januari lalu. Namun, ketika hari yang dijanjikan itu tiba, DS tidak bisa dihubungi.

"Kata mereka, mereka sudah membayar. Mereka disuruh datang tanggal 24 Januari 2019. Namun, pas dihubungi DS menunda hingga akhirnya DS menghilang," kata Munteh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com