Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara NYIA Mulai Diverifikasi Hari Ini

Kompas.com - 04/04/2019, 16:43 WIB
Wijaya Kusuma,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Proses verifikasi Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) dimulai Kamis (4/4/2019) ini. Verifikasi yang berlangsung selama tiga hari ini meliputi sisi udara dan sisi darat.

"Kami merencanakan dari Kementerian Perhubungan tanggal 4 April sampai 6 April, atau hari ini akan dilaksanakan verifikasi," ujar Juru Bicara Proyek Pembangunan NYIA, Agus Pandu Purnama, saat ditemui, Kamis (4/4/2019).

Baca juga: Menteri BUMN: Bandara NYIA Bangkitkan Image Kulon Progo

Agus Pandu mengatakan, verifikasi ini dilakukan oleh Direktorat Bandar Udara, Direktorat Keamanan Penerbangan dan Direktorat Navigasi.

Verifikasi ini, lanjut dia, untuk memastikan seluruh perangkat di Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) siap dioperasionalkan untuk aktivitas penerbangan international.

Verifikasi meliputi sisi udara antara lain run way, marka, apron, taxiway, dan peralatan lainnya. Kemudian, sisi darat, akan verifikasi seluruh peralatan keamanan, peralatan keselamatan penerbangan hingga pelayanan.

"Diverifikasi juga terminal yang luasnya sekitar 12.920 meter persegi, daya tampungnya dan sebagainya," ujar dia.

Dari hasil verifikasi nantinya ketiga direktorat akan memberikan catatan-catatan untuk PT Angkasa Pura I. Nantinya PT Angkasa Pura akan diberikan waktu untuk menyelesaikan catatan tersebut.

Baca juga: Dekat Laut, Pembangunan Bandara NYIA Telah Perhitungkan Ancaman Tsunami

"Biasanya diberikan waktu 10 hari atau 2 Minggu. Manakala nantinya catatanya semakin sedikit, maka penyelesainya juga semakin cepat," ujar dia.

Agus Pandu menuturkan pihaknya merencanakan pada 15 April 2019 akan mengundang seluruh maskapai. Nantinya seluruh maskapai akan safety assesment

Kompas TV Pada Rabu (27/3/2019) siang warga Kulon Progo bekumpul di pintu masuk proyek Bandara Internasional Yogyakarta di Kecamatan Temon. Mereka menutup pintu menuju lokasi proyek pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta dan mengusir para pekerja yang hendak meneruskan proyek. Selain mengusir para pekerja warga juga berorasi mengungkapkan tuntutan mereka kepada PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola proyek agar kembali membuka akses menuju pantai. Alasannya kehidupan ekonomi warga terganggu khususnya bagi yang mencari nafkah di sekitar pantai. Aksi blokade ini kemudian dimediasi kepolisian setempat. PT Angkasa Pura 1 berjanji akan mengevaluasi kebijakan penutupan akses jalan menuju pantai dengan syarat warga membuka blokade di pintu masuk proyek bandara. #NYIA #AksesPantaiDitutup #AngkasaPura1
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com