Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Jokowi Pulang ke Solo, Jan Ethes Kangen Mbah Jokowi hingga Cerita Perang di Afghanistan

Kompas.com - 04/04/2019, 12:39 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu dengan Jan Ethes, sang cucu, usai menghadiri menghadiri acara peringatan Isra Miraj di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019).

Presiden Jokowi menemani Jan Ethes bermain di sebuah pusat pertokoan di Solo. Kehadiran Jokowi pun menarik perhatian warga yang ada di mal tersebut.

Pada hari yang sama, dalam acara peringatan Isra Miraj, Presiden Jokowi berpesan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di tahun politik menjelang Pemilu 2019.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Pesan Presiden Jokowi saat hadiri acara peringatan Isra Miraj

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Gor Pandawa, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019). Presiden menyampaikan pentingnya menjaga persaudaraan sesama umat muslim dan menjaga kesatuan persatuan bangsa.ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada acara Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Gor Pandawa, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019). Presiden menyampaikan pentingnya menjaga persaudaraan sesama umat muslim dan menjaga kesatuan persatuan bangsa.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo berpesan agar perbedaan yang ada tidak menjadi sumber keretakan dalam kerukunan bermasyarakat dan berbangsa.

Di tahun politik seperti saat ini, kata Jokowi, perbedaan akan semakin meruncing karena urusan politik, seperti pemilihan bupati, wali kota, gubernur, dan pemilihan presiden.

"Saya ingin mengingatkan jangan sampai karena peristiwa politik kita lupa bahwa kita saudara, kita lupa menjaga ukhuwah karena urusan politik," kata Jokowi saat menghadiri Peringatan Isra Miraj Tingkat Kenegaraan 2019 di GOR Pandawa, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019).

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara besar memiliki 17 ribu pulau, 714 suku, dan 1.100 bahasa.

"Perbedaan-perbedaan itu jangan menjadikan kita ini tidak seperti saudara lagi. Ini sudah sunatullah, hukum Allah, menjadikan kita berbeda-beda," kata Presiden dalam sambutannya .

Baca Juga: Jokowi: Dunia Wirausaha dengan Pemerintahan Itu Jauh Berbeda...

2. Jokowi hadiri acara Isra Miraj bersama Jan Ethes

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Peringatan Isra Miraj di GOR Pandawa Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Rabu ( 3/4/2019) malam. KOMPAS.com/MUHLIS Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Peringatan Isra Miraj di GOR Pandawa Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Rabu ( 3/4/2019) malam.

Presiden Jokowi mengenakan baju koko putih dan berpeci hitam didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi serta cucunya, Jan Ethes, saat menghadiri acara peringatan Isra Miraj di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Selain itu, sejumlah menteri dan tokoh masyarakat tampak hadir mendampingi Jokowi, antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya juga turut menghadiri kegiatan itu.

Dalam acara ini juga diisi uraian hikmah Isra Mi'raj Nabi Muhammadiyah SAW oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Muayyad KH Dian Nafi'.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Sampai karena Politik Kita Lupa Kita Saudara...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com