Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Damri Akan Layani 5 Rute Ini dari Bandara Baru di Kulon Progo

Kompas.com - 02/04/2019, 18:01 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan segera dioperasikan pada April tahun ini. NYIA terletak di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bandara ini dikelola PT Angkasa Pura I.

Senior Corporate Communication Manager PT Angkasa Pura I Awaluddin mengatakan, nantinya akan ada angkutan bus Damri yang dioperasikan untuk membantu mobilitas calon penumpang.

Operasional bus milik pemerintah ini akan dilaksanakan bertepatan dengan tanggal dibukanya bandara internasional di wilayah Yogyakarta ini.

"Operasional (bandara) direncanakan April ini, kami menunggu hasil verifikasi dari Kementerian Perhubungan yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 April ini (2019). (Bus Damri) akan beroperasi bersamaan," kata Awaluddin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/4/2019).

Baca juga: Komnas HAM Siap Gelar Mediasi Warga yang Tolak Pembangunan Bandara Kulon Progo

Secara terpisah, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Perum Damri Tatan Rustandi menyampaikan, telah tersedia armada baru dengan lima unit Hiace dan dua unit bus medium pada tahap awal pengoperasian.

"Damri siap menyediakan armada tambahan jika terbukti antusiasme masyarakat Kabupaten Kulon Progo cukup tinggi," ujar dia.

Adapun trayek yang akan dibuka pada tahap awal antara lain:

  1. NYIA-Yogyakarta berjarak 52 kilometer dengan prakiraan waktu tempuh selama 90 menit. Keberangkatan rute ini setiap 30 menit.
  2. NYIA-Stasiun Wojo, Purworejo berjarak 6 kilometer dengan prakiraan waktu tempuh 11 menit. Keberangkatan rute ini setiap 15 menit.
  3. NYIA-Magelang (Borobudur) dengan jarak 58 kilometer di mana prakiraan waktu tempuh selama 100 menit. Keberangkatan setiap 1 jam.
  4. NYIA-Kebumen (via Purworejo) mempunyai jarak 57 kilometer dengan prakiraan waktu tempuh selama 98 menit. Keberangkatan setiap 1 jam.

Jika terjadi peningkatan jumlah penumpang, maka operasional bus damri akan ditambah dengan tujuan Wonosari, Purwokerto, Cilacap, dan Wonosobo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com