Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Bandung, Satu SD Rusak Parah, Siswa Diliburkan

Kompas.com - 02/04/2019, 13:32 WIB
Putra Prima Perdana,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Jebolnya tanggul Sungai Cicalebak di Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (1/4/2019) sore, mengakibatkan 7 ruangan Sekolah Dasar (SD) Negeri Aji Tunggal rusak parah.   

Proses belajar mengajar di SDN Aji Tunggal yang terletak di Jalan Sukup Baru, Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung, ini pun terpaksa diliburkan selama beberapa hari.

“Ada 863 siswa dan 46 karyawan yang terdiri dari guru, staf dan pegawai tata usaha. Sementara hari ini (Selasa) dan besok diliburkan dulu kegiatan belajar mengajar,” kata Kepala Sekolah SDN Aji Tunggal Dwi Indiarti saat ditemui Kompas.com, Selasa (2/4/2019).

Baca juga: 50 Persen Bangunan SDN Aji Tunggal Bandung Rusak Diterjang Banjir, Buku dan Alat Belajar Ikut Terdampak

Dwi sangat berharap Pemerintah Kota Bandung segera memperbaiki SDN Aji Tunggal. Pasalnya, Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk kelas 6 SD tinggal beberapa hari lagi.

“UASBN tanggal 22 sampai tanggal 25 April 2019. Kami sangat berharap sebelum itu belajar mengajar sudah bisa normal kembali,” harapnya. 

Dwi menuturkan kegiatan belajar mengajar diupayakan kembali normal pada Kamis, 4 April 2019.

"Kalau dua hari masih belum bisa, terpaksa kita tambah (libur)," tandasnya.

Baca juga: Banjir Terjang Bandung, Murid SD Histeris Lihat Air Mengalir Deras Masuk ke Sekolah

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar menjelaskan, pihaknya bakal mencari solusi dan alternatif lain jika UASBN tidak bisa digelar di SDN Aji Tunggal.

“Kami akan mencari solusi supaya anak-anak bisa kembali belajar dan bisa melaksanakan UASBN tanggal 22 April mendatang. Kami akan lihat situasinya, kalau tidak bisa digelar di sini, kami akan manfaatkan gedung lain,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com