Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Coba Cari di Negara Mana Presiden Baru Lewat Dicegat Berulang Kali...

Kompas.com - 02/04/2019, 11:24 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber Antara

SORONG, KOMPAS.com — Calon presiden RI nomor urut 01 Joko Widodo bercerita tentang perjalanannya dicegat dan diberhentikan hingga enam kali di jalanan Kota Sorong, Papua Barat, Senin (1/4/2019).

"Saya tadi pukul 19.00 WIT itu masih di Jayapura, kemudian terbang ke sini. Sampai di sini, sebetulnya pukul 21.30 WIT. Akan tetapi, dari airport sampai ke gedung ini, saya dicegat masyarakat sampai enam kali," kata Jokowi dalam kampanye di Gedung Aimas Convention Centre, Sorong, Papua Barat, Senin malam.

Baca juga: Komentar Jokowi Dicegat 9 Kali di Manado hingga Mobilnya Tak Bisa Jalan

Massa memang sudah menyemut di sepanjang jalan bandara Domine Eduard Osok hingga lokasi rapat umum di Aimas Convention Centre yang berjarak 16 kilometer.

Warga yang membawa dan mengenakan beragam atribut kampanye menaiki mobil bak terbuka, motor, hingga berjalan kaki sambil berteriak "Jokowi, Jokowi".

Sejumlah warga bahkan kehilangan alas kaki karena berdesakan ingin bersalaman dengan capres nomor urut 01 itu.

"Mobil harus berhenti, kemudian menyalami rakyat yang ada di jalan. Coba cari di negara mana presiden baru lewat dicegat?" tanya Jokowi kepada massa pendukungnya di gedung tersebut.

Baca juga: Alasan Mantan Kapolsek Cabut Pernyataan soal Perintah Kapolres Garut Dukung Jokowi

Massa lalu serempak meneriakkan "Jokowi, Jokowi, Jokowi" sesaat setelah Jokowi melempar pertanyaan itu.

"Tidak ada di negara mana pun presiden dicegat itu tidak ada. Presiden lewat itu dicegat enam kali, jalan dicegat lagi, jalan dicegat lagi," ungkap Jokowi.

Total untuk menempuh perjalanan dari bandara ke lokasi bandara setidaknya dibutuhkan sekitar 1 jam 20 menit sehingga Jokowi baru tiba di lokasi acara sekitar pukul 23.00 WIT.

"Saya di sini enak-enak saja saya salami. Eh, di depannya dicegat lagi, coba tunjukkan di negara mana presidennya lewat dicegat? Enggak ada," kata Jokowi.

Baca juga: 30 Menit Lesehan di Lantai, Jokowi Dengarkan Curhat Korban Banjir Sentani

Jokowi pun mengaku awalnya berpikir bahwa warga yang menantinya di lokasi kampanye hanya sedikit karena malam sudah larut.

"Malam hari ini saya sangat berbahagia sekali. Saya pikir pukul 23.00 WIB ini sudah pulang semua. Saya pikir sudah pulang dan tidur semua. Akan tetapi, saya sangat mengapresiasi Bapak, Ibu, Saudara sekalian masih berada di ruangan ini," kata Jokowi.

Kampanye itu juga dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf, Pramono Anung, Basuki Hadimuljono, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, serta para petinggi partai politik pendukung lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com