Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Asing yang Berada di Perut Ikan Mola Masih Misterius

Kompas.com - 02/04/2019, 10:27 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Farid Assifa

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com — Benda misterius berbentuk padat berwarna hitam pekat kemerahan yang ditemukan di dalam perut ikan mola hingga kini belum dapat diungkap.

Peneliti Universitas Pattimura, Prof Dr Jacobus Wilson Mosse, mengatakan, saat ini benda misterius itu masih berada di laboratorium miliknya.

“Belum diperiksa. Bendanya masih ada di dalam laboratorium saya,” kata Jacobus kepada Kompas.com saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (2/4/2019).

Jacobus mengatakan, ia belum memeriksa dan menganalisis benda misterius itu karena dia baru saja mengikuti rapat senat Universitas Pattimura. Rencananya, pemeriksaan baru dilakukan pada sore hari.

“Jadwal masih padat jadi belum diperiksa, mungkin sore ini. Nanti saya akan kabari ke Anda,” ujarnya.

Baca juga: Peneliti Temukan Benda Misterius Dalam Perut Ikan Mola yang Terdampar di Teluk Ambon

Sebelumnya diberitakan peneliti Universitas Pattimura membedah perut ikan mola yang terdampar di Teluk Ambon pada Senin (1/4/2019).

Pembedahan perut ikan itu disaksikan oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku serta petugas dari Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (LPSDPL) Sorong wilayah Maluku.

Setelah hampir satu jam melakukan pembedahan, hasilnya tim menemukan benda misterius di dalam usus ikan tersbeut. Benda misterius yang ditemukan itu berupa benda padat berwarna hitam pekat kemerahan.

“Kita belum tahu benda ini apa, tapi yang ditemukan di dalam perut (ikan mola) ini adalah benda asing,” kata Jacobus di lokasi pembedahan.

Dia mengatakan, isi perut ikan mola dalam keadaan bersih dan hanya ada benda asing tersebut. Menurutnya, benda asing yang ada di dalam perut ikan mola itu mirip dengan organ tubuh hewan ternak yang menyusut.

Dia pun menduga bahwa ikan mola yang terdampar itu kemungkinan memakan organ tubuh hewan ternak yang dibuang warga dan hanyut ke laut.

"Seperti paru-paru sapi, jadi mungkin saja dibuang warga lalu hanyut dan dimakan ikan,” katanya.

Baca juga: Bangkai Ikan Mola-Mola Kembali Terdampar di Teluk Ambon

Dalam proses pembedahan bangkai ikan tersebut, tim juga mengambil sampel dari benda asing yang ditemukan di dalam usus ikan mola dan juga bagian organ kepala ikan tersebut.

Termasuk organ penting di bagian kepala ikan, yakni sagita asterikus dan lapius yang dapat dijadikan sebagai petunjuk dan informasi tentang aktivitas ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com