Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Evakuasi Siswa SD yang Terjebak Banjir di Bandung, Ini Videonya

Kompas.com - 02/04/2019, 07:10 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengunggah sebuah video saat petugas SAR berjuang menyelamatkan sejumlah siswa SD 224 yang terjebak banjir di Kelurahan Binaharapan, Kota Bandung, pada Senin (1/4/2019).

Suasana tegang tampak saat petugas berjejer di tengah banjir dengan berpegangan sebilah tongkat panjang di depan gedung SD 224. Satu demi satu petugas mengevakuasi para siswa di tengah derasnya arus banjir.

Dalam unggahannya itu Sutopo memberikan keterangan terkait lokasi dan kondisi evakuasi tersebut.

"Evakuasi warga terus dilakukan dari banjir di Kelurahan Binaharapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Hujan deras dan tanggul jebol di belakang SD 224 menyebabkan jalan berubah jadi sungai. Bandung sekarang jadi rawan banjir karena makin berkurangnya kawasan resapan air," katanya seperti dikutip dari Tribunnews.

Baca Juga: Banjir Terjang Bandung, Murid SD Histeris Lihat Air Mengalir Deras Masuk ke Sekolah

Seperti diketahui, banjir kembali melanda Kota Bandung pada Senin (1/4/2019). Sutopo pun menegaskan agar peerintah tegas untuk melaksanakan tata ruang di Kota Bandung agar banjir tak terulang. 

"Anak-anak sekolah pun dievakuasi darurat saat halaman sekolah SD 224 terendam banjir di Kelurahan Binaharapan Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Kita harus tegas dan komitmen menata ulang lingkungan kita untuk mengurangi banjir. Pembangunan tidak hanya mengejar fisik saja," tulis Sutopo di akun Twitternya, @Sutopo_PN.

Baca Juga: Tanggul Jebol, Siswa SDN Aji Tunggal Bandung Terjebak di Sekolah

Dilansir dari TribunJabar.com, banjir di kawasan Sukup Baru Cijambe, Ujungberung, Kota Bandung, juga merusak tembok belakang SD Ajitunggal Sukup Baru. Tembok belakang SD tersebut jebol.

"Ya Allah, tembok jebol, banjir," ujar seorang pria dari video tersebut.

Kantor SAR Bandung menjelaskan, petugas telah memantau banjir di Perumahan Sukuk, Desa Pasir Jati, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Bandung, dan memberikan pertolongan kepada warga.

https://twitter.com/i/status/1112676181914968071

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul: VIDEO Detik-detik Murid SD Dievakuasi Akibat Banjir Besar di Bandung, Sutopo Ingatkan Hal Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com