Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Morotai, Dubes AS Akui Indonesia Produsen Tuna terbesar Dunia

Kompas.com - 02/04/2019, 06:10 WIB
Yamin Abdul Hasan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MOROTAI,KOMPAS.com - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan berkeliling ke Pusat Pemrosesan Ikan Tuna di Pusat Perikanan Laut Terpadu di Kabupaten Morotai, Maluku Utara, Senin (01/04/2019).

Donovan berkesempatan mencicipi sashimi  ikan tuna di Pusat Pemrosesan Ikan Tuna di Pusat Perikanan Laut Terpadu, Morotai. “Lezat sekali ikannya,” katanya. 

Menurit Donovan, Indonesia merupakan produsen tuna terbesar seluruh dunia dan Amerika Serikat merupakan pasar terbesar untuk tuna dari Indonesia.

“Kami merefleksikan hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia, yakni jalinan kemakmuran bersama yang terjalin erat. Dicontohkan dengan perdagangan tuna,” katanya.

Baca juga: Tuna Asal Sulsel Diminati di Amerika Serikat dan Jepang, Ini Sebabnya

Pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga bantuan United States Agency for International Development (USAID) mendorong agar proses penangkapan ikan di Indonesia menuju ke arah penangkapan ikan yang berkelanjutan dan dengan kemampuan yang lebih baik. 

Sehingga, nelayan Indonesia bisa mengatasi penangkapan ikan ilegal atau illegal fishing dan meningkatkan akses pasar internasional, terutama ke Amerika Serikat. 

“Jadi melalui kemitraan seperti saat ini kita memperkuat ketahanan pangan, kita memperkuat mata pencaharian lokal dan kita memperkuat produktivitas industri penangkapan ikan yang akan memperkat bagi kedua negara kita,” ujar Donovan.

Baca juga: Dari Jepang ke AS, Ikan Tuna Indonesia Kini Menguasai Dunia

Sementara Direktur USAID Indonesia Erin E McKee menambahkan, Indonesia adalah produsen tuna terbesar dunia. Pada 2016 Indonesia menghasilakan 1,2 juta metrik ton tuna yang merupakan 17 persen produksi secara global.

Sedangkan di 2017, Amerika Serikat membeli tuna sebesar 1 miliar dollar AS, atau seberat 150 ribu ton, dari Indonesia.

“Penting bagi masyarakat Amerika Serikat dan Indonesia bermitra agar penangkapan ikan dapat berkelanjutan,” ujarnya.

Baca juga: Tarif Kargo Pesawat Naik 300 Persen, Ekspor Ikan Tuna ke Pasar Internasional Distop

Lawatan Dubes AS ke Morotai bersama rombongan dalam rangka peringati 70 tahun hubungan diplomatik antara pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia.

Dalam tour-nya di Morotai, Dubes AS dan rombongan ditemani Wakil Gubernur Maluku Utara Muhammad Natser Thaib, Bupati Morotai Benny Laos serta Kapolres Pulau Morotai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com