Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ansor dan Banser NU Diinstruksikan Pakai Baju Putih ke TPS

Kompas.com - 01/04/2019, 07:44 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nusa Tenggara Timur (NTT), mendeklarasikan gerakan 'Rabu Putih', untuk meningkatkan partisipasi pemilih untuk mendatangi tempat pemungutan suara pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

"Deklarasi Rabu Putih yang kita lakukan ini merupakan instruksi langsung dari Pimpinan Pusat GP Ansor," ucap Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor NTT Abdul Muis, dalam acara jumpa pers bersama sejumlah wartawan di Kupang, Minggu (31/1/2019).

Gerakan Rabu Putih ini lanjut Muis, untuk memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya secara bebas dan nyaman, tanpa rasa takut atau merasa terintimidasi oleh kelompok manapun.

Baca juga: Jokowi Yakin Imbauan ke TPS Pakai Baju Putih Tak Timbulkan Konflik

Selain ini kata Muis, GP Ansor juga mengajak masyarakat Indonesia khususnya NTT, untuk memerangi hoaks, fitnah dan ujaran kebencian serta menciptakan kesejukan jelang pemilihan umum.

Muis mengatakan, pihaknya juga mendorong sekaligus percaya pada pihak Polri dan TNI bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan pemilu 2019.

Karena itu, masyarakat diimbau tidak perlu ragu menggunakan hak pilih pada 17 April 2019 mendatang.

Pimpinan pusat GP Ansor, menginstruksikan kepada semua pengurus GP Ansor dan Banser, untuk membantu Polri dan TNI mengamankan situasi hari pemungutan dan penghitungan suara di TPS-TPS yang ada di seluruh Indonesia.

Baca juga: Jokowi Ajak Pendukungnya ke TPS Pakai Baju Putih

Muis mengatakan, saat mendatangi TPS nanti, semua pengurus Ansor akan mengenakan baju putih.

"Khusus untuk di NTT, kita akan kerahkan sekitar 1.000 kader Ansor untuk sama-sama di TPS, bersama Polri dan TNI. Saya instruksikan kepada pengurus Ansor dan Banser di NTT untuk kenakan baju putih ke TPS," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com