Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Seram Barat Tangkap Seekor Buaya Sepanjang 3 Meter

Kompas.com - 31/03/2019, 19:12 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Warga Desa Hualoy, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, menangkap seekor buaya muara di Sungai Ama desa tersebut, Minggu petang (31/3/2019).

Buaya dengan panjang sekitar tiga meter ini berhasil ditangkap warga setelah hewan reptil itu hendak memangsa seekor kambing milik warga di hutan Dusun Hatai.

“Awalnya, buaya ini hendak memangsa kambing milik warga di Dusun Hatai, kami kemudian mengejar buaya itu hingga menemukannya di Sungai Ama,” kata Said, kepada wartawan, saat dihubungi dari Ambon, Minggu malam.

Baca juga: Warga Tangkap Buaya 4 Meter di Perairan Randangan Pohuwato

Dia mengatakan, warga beramai-ramai mengejar buaya tersebut untuk menangkapnya karena takut buaya itu akan memangsa warga dan hewan ternak lainnya. Namun, saat ditemukan, buaya tersebut telah mati.

“Saat kami temukan, buayanya telah mati. Mungkin buayanya kelelahan,” ujar dia.

Saat ini, kata dia, buaya terbebut telah dibawa warga ke bawah Jembata Ama. Dia mengatakan, penemuan buaya di sungai tersebut sangat menghebohkan warga karena baru pertama kali ada buaya ditemukan warga di sungai tersebut.

“Selama ini, tidak pernah ditemukan buaya di sini dan baru pertama kali ada buaya yang ditemukan di sini,” kata dia.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, Mukhtar Amin Ahmadi, membenarkan jika warga di desa tersebut baru saja menangkap seekor buaya di sungai.

“Buayanya sudah mati, sehingga tidak ada lagi upaya penyelamatan hanya tinggal dikuburkan saja,” kata Amin.

Baca juga: Buaya 3 Meter Berkeliaran di Halte Bus Sekolah di Florida

Dia mengatakan, terkait penangkapan buaya tersebut, pihaknya akan melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi di masyarakat untuk memastikan apakah masih ada buaya lainnya di wilayah itu atau tidak.

“Terkait apakah daerah Hualoy merupakan habitat buaya ataukah tidak, besok akan dilakukan investigasi dan akan kita ketahui hasilnya di lapangan,” ungkap dia. 

Kompas TV Seekor buaya yang terjerat ban sepeda motor kembali menampakan dirinya di Sungai Palu. Kemunculan buaya ini menjadi tontonan warga yang melewati pesisir Sungai Palu. Buaya terjerat ban sepeda motor ini tampak muncul untuk berjemur di Sungai Palu. Meski dengan kondisi terjerat ban, reptil yang diperkirakan berukuran panjang 3 meter ini masih tetap bertahan hidup. Pasca bencana gempa dan tsunami pada 28 September 2018, lalu buaya ini beberapa kali muncul di pesisir Sungai Palu. Hewan ini sempat diburu untuk diselamatkan dari jeratan ban dilehernya. Namun, hingga kini baik aktivis pemerhati reptil warga Palu atau pun pemerintah setempat tidak ada yang berhasil menangkapnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com