Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Ikan Mola-Mola Kembali Terdampar di Teluk Ambon

Kompas.com - 31/03/2019, 17:35 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


AMBON, KOMPAS.com - Bangkai seekor ikan mola-mola kembali ditemukan warga terdampar di perairan Teluk Ambon, Minggu (31/3/2019).

Bangkai ikan mola-mola ini ditemukan sudah dalam keadaan terapung dekat kerambah milik warga, tak jauh dari Tanjung Martafons, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon.

Penemuan bangkai ikan yang sudah dianggap langka itu kemudian dilaporkan ke pihak berwenang.

Baca juga: Polisi Tangkap Dua Petani yang Sering Bom Ikan di Perairan Soromandi

Koordinator Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Sorong Satker Ambon, Wiwit Handayani kepada wartawan di lokasi penemuan bangkai ikan tersebut mengatakan, ikan tersebut diduga telah mati sejak beberapa hari lalu.

“Sebab, bangkai ikannya mulai membusuk,” kata Wiwit, kepada wartawan, Minggu.

Dia mengatakan, untuk penanganan selanjutnya, bangkai ikan tersebut akan dikuburkan agar tidak menimbulkan pencemaran bagi lingkungan sekitar dan juga masyarakat setempat.

Bangkai ikan mola-mola yang ditemukan terdampar itu memiliki ukuran panjang 2,28 meter, dan lebar sirip ke sirip 2,36 meter. Adapun ukuran lebar badan ke badan 1,35 meter, sirip bagian atas 69 sentimeter, dan sirip anal 73 sentimeter.

Dia mengatakan, sejauh ini, pihaknya belum dapat memastikan penyebab kematian ikan mola-mola tersebut. Untuk memastikan penyebab kematian ikan langkah itu, pihaknya harus melakukan penelitian mendalam.

“Kami tidak bisa melihat penyebabnya dengan kasat mata saja. Ada banyak faktor, bisa mati secara alami, bisa juga karena yang lain,” sebut dia.

Baca juga: Lagi, Ikan Mola mola Raksasa Terdampar di Pantai Australia Selatan

Dia menambahkan, habitat ikan mola-mola ini kebanyakan berada di perairan Bali. Pihaknya sendiri mengaku heran karena ikan tersebut bisa ada di Maluku.

“Habitatnya yang kami tahu itu Bali, kalau di sini kami baru tahu itu waktu terdampar kemarin, mungkin saja ikannya terdampar ke sini,” kata dia.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, seekor ikan mola-mola juga sempat terjerat jaring nelayan di Teluk Ambon.

Ikan itu kemudian dibawa nelayan ke Pantai Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, oleh nelayan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com