Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Objek Wisata Air Terjun Bersusun 8 Jadi Primadona Baru di Mamasa

Kompas.com - 31/03/2019, 12:18 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Kabupaten Mamasa sebagai daerah tujuan wisata di Sulawesi Barat, selain kaya dengan beragam budaya dan adat istiadatnya yang unik, juga menyimpan sejuta keindahan panorama alam cantik yang masih perawan.

Salah satunya adalah air terjun bersusun delapan setinggi 100 meter, di Gunung Sarambu, Malute, Kecamatan Mamasa,  yang kini menjadi objek wisata primadona baru.

Lokasi air terjun itu berjarak sekitar 10 km dari Kota Mamasa. Untuk sampai ke air terjun ini pengunjung terlebih dahulu melewati jalan poros Mamasa – Toraja. Selanjutnya tracking melalui jalan setapak sejauh 1 km, atau 20 menit berjalan kaki.

Pantauan Kompas.com, sejumlah pengunjung sengaja mengajak keluarga atau pasangan mereka untuk menikmati pesona air terjun di lokasi ini.

Baca juga: Tiga Pantai Pinggir Pantura Probolinggo Ini Bikin Wisatawan Terkesan

Yermia, salah satu pengungjung air terjun Malute mengatakan, lokasi air terjun ini sangat cocok untuk tempat rekreasi dan liburan bersama keluarga.

Tempatnya sangat indah, asri dan aman. Selain menikmati air terjun wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk di lokasi ini.

Tak heran jika para wisatawan bisa betah berlama-lama di lokasi ini karena keindahan suasan alamnya yang sejuk dan memukau pandangan mata.

“Tempatnya asri indah. Panorama alamnya cantik dan air terjunnya bersusun delapan,” kata Yermia, Sabtu (31/3/2019). 

Baca juga: Heboh Fenomena Air Terjun di Puncak Gunung Galunggung, Ini Penjelasannya

Pengunjung lainya, Etty mengungkapkan, air terjun ini sangat indah dan unik karena bersusun atau bertingkat delapan yang sangat berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Selain itu objek wisata Malute juga memiliki keunikan tersendiri karena dikelilingi pepohonan hijau yang asri dan natural.

“Sayangnya belum dikelola dengan baik menjadi potensi wisata andalan Mamasa,” jelas Etty. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com