Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati “Earth Hour” 2019, Kota Palopo Gelar Atraksi Budaya

Kompas.com - 31/03/2019, 07:48 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Kampanye global hemat energi atau Earth Hour 2019 digelar di taman I Love kelurahan Binturu, kota Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu (30/03/2019) malam.

Kampanye Earth Hour 2019 ini dirayakan oleh sejumlah komunitas, salah satunya komunitas Earth Hour Palopo, Instansi Pemerintah dan instansi swasta.

Mereka ikut melakukan kampanye hemat energi yang ditandai dengan pemadaman lampu selama 60 menit atau satu jam yang dimulai pukul 20.30 hingga pukul 21.30 WITA.

Pemadaman lampu dilakukan di area pelaksanaan kegiatan dan sejumlah titik antara lain jalan utama, gedung milik pemerintah dan swasta. 

Baca juga: Gerakan Earth Hour Ajak Warga Matikan Lampu Selama Satu Jam

Kawasan taman I Love Palopo yang biasanya terang benderang dengan hiasan lampu, kini gelap termasuk gedung dan jalan utama di area tersebut. Selama pemadaman aktivitas tetap berjalan seperti biasa.

Suasana gelapnya kota Palopo dalam peringatan Earth Hour 2019 dihiasi dengan atraksi seni budaya dari berbagai komunitas peduli lingkungan, atraksi ini menjadi tontonan warga.

Ketua pelaksana kegiatan Earth Hour 2019 kota Palopo, Misran mengatakan bahwa dengan kegiatan tersebut diharapkan menjadi pengingat masyarakat agar tumbuh kesadaran hidup dalam menghemat energi dan menyayangi lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini sebenarnya adalah bagaimana menyadarkan masyarakat untuk menghemat energi mulai dari hal-hal kecil seperti memadamkan lampu pada saat waktu yang tidak memerlukan penyalaan lampu seperti pada siang hari, karena ada cahaya Matahari, termasuk mencabut colokan charger pada saat tidak digunakan,” kata Misran saat dikonfirmasi usai melaksanakan kegiatan, Sabtu (30/03/2019).

Baca juga: 1.252 Keping Blangko e-KTP Disdukcapil Palopo Hilang Diduga Dicuri

Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulawesi Selatan Arianto Burhan Makka mengatakan bahwa semangat muda para millenial di kota Palopo saat ini mereka bergerak membangun kesadaran untuk menyelamatkan bumi.

“Earth Hour yang dilaksanakan saat ini betul-betul menjadi sebuah gerakan akar rumput yang menjadi kesadaran global bagi masyarakat sehingga nantinya kesadaran akan lingkungan menjadi terus tumbuh,” ucap Arianto.

Earth Hour Palopo mulai dilakukan pada tahun 2012 dan diperingati setiap tahunnya seperti beberapa kota lainnya di Indonesia dan dunia, guna turut serta berpartisipasi dalam mengkampanyekan hemat energi.

Baca juga: Pemkot Palopo Temukan Ratusan Produk Makanan Minuman Dijual Bebas Tanpa Label Halal

Penggagas komunitas Earth Hour Palopo, Akhmad Syarifuddin Daud mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan berjalan setiap tahunnya. 

Menurut dia, momentum ini adalah momentum yang baik untuk mendidik, mengajak memperkenalkan lingkungan sejak dini kepada anak-anak, pemuda dan siapa pun untuk melestarikan dan menghargai lingkungan dengan kegiatan sederhana hanya memadamkan lampu dalam sejam.

“Kami berharap dorongan dan motivasi dari semua pihak agar komunitas ini terus bergeliat memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar tetap mencintai lingkungannya,” tutur Akhmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com