Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksponen Muda Muhammadiyah Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Kompas.com - 30/03/2019, 15:39 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Ribuan Eksponen Muda Muhammadiyah gabungan dari Solo Raya dan perwakilan dari 18 provinsi di Indonesia menyatakan mendukung dan siap untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Bentuk dukungan itu mereka wujudkan dalam deklarasi Eksponen Muda Muhammadiyah Dukung #01 di Gedung Lamin Eram Jalan Indronoto No 89 Ngabeyan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (30/3/2019).

Deklarasi dukungan tersebut dibacakan para perwakilan presidium Eksponen Muda Muhammadiyah dari 18 provinsi. Antara lain Maluku, Sulawesi, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Ambon, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa.

Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Wilayah Jawa Tengah sekaligus Ketua Panitia Presidium Eksponen Muda Muhammadiyah Solo Raya, Muhammad Fahrial Aulia mengatakan, deklarasi ini diikuti lebih dari 3.000 peserta gabungan Eksponen Muda Muhammadiyah Solo Raya dan masyarakat serta perwakilan Eksponen Muda Muhammadiyah dari 18 provinsi.

Baca juga: Sandiaga Uno: Insya Allah Prabowo-Sandi Menang, Lunas Utangnya

Menurutnya, jumlah pemilih warga Muhammadiyah untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin sampai saat ini telah mencapai 51 persen. Sehingga dengan adanya deklarasi Eksponen Muda Muhammadiyah ini, maka ditargetkan suara warga Muhammadiyah yang memilih Jokowi-Ma'ruf Amin naik menjadi 75 persen.

"Waktu yang masih ada ini harapannya bisa mencapai 75 persen warga dan pimpinan persarikatan Muhammadiyah untuk bisa memilih dan mencoblos 01," katanya ditemui sesuai acara di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu.

Dia menjelaskan, Muhammadiyah secara institusi netral. Tetapi, kata Fahrial, Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir membebaskan para warganya untuk menentukan hak pilih pada Pilpres 2019.

"Dan, kami dari Eksponen Muda Muhammadiyah menginisiasi sudah banyak warga perserikatan Muhammadiyah yang (mendukung) ke 01. Maka, dengan deklarasi ini angka 51 persen bisa menjadi 75 persen warga Muhammadiyah untuk mencoblos 01," katanya.

Presidium Nasional Eksponen Muda Muhammadiyah, Andre menambahkan, tidak ada tekanan dari pihak mana pun terkait deklarasi Eksponen Muda Muhammadiyah dalam mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin.

Menurutnya, deklarasi ini untuk memberikan harapan kepada para generasi muda Muhammadiyah demi memikirkan bagaimana Pancasila ke depan.

"Jangan berpikir ketika tidak memilih 01 maka kita terjebak pada khilafah, pada persoalan Pancasila. Kita ingin persoalan demokrasi itu dibawa pada persoalan anak-anak muda memikirkan Pancasila ke depan," jelas dia.

Baca juga: Prabowo Akan Bentuk Tim Penyelamat Kekayaan Bangsa

Selain dihadiri ribuan peserta, deklarasi Eksponen Muda Muhammadiyah Dukung #01 juga dihadiri tokoh Muhammadiyah yang pernah menjadi Sekjen Dewan Masjid Indonesia, Imam Addaruqutni dan Sekretaris Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah Faozan Amar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com