Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Temukan Kalender Prabowo-Sandi Berlogo Pemkab Kebumen

Kompas.com - 29/03/2019, 15:33 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sejumlah kalender bergambar pasangan capres cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang mencantumkan logo Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Ketua Bawaslu Kebumen Arif Supriyanto mengatakan, pihaknya mendapatkan kalender tersebut dari warga di 4 kecamatan, yaitu Kecamatan Mirit, Sempor, Puring, dan Adi Mulyo.

Peredaran kalender diketahui sejak sekitar dua pekan yang lalu.

“Itu awalnya kami mendapat informasi dari masyarakat ada kalender yang mencantumkan logo Pemkab Kebumen. Kami melakukan investigasi dengan melibatkan panwas tingkat kecamatan dan desa, kami mengidentifikasi kalender itu ada di empat kecamatan,” katanya melalui sambungan telepon, Jum’at (29/3/2019).

Baca juga: Tanggapan BPN soal Kalender Prabowo-Sandi Berlogo Pemkab Purbalingga

Pihaknya mengamankan sedikitnya 8 kalender dari 4 kecamatan tersebut, masing-masing tiga buah kalender dari Kecamatan Sempor dan Mirit serta masing-masing satu buah kalender dari Kecamatan Puring dan Adi Mulyo.

Kalender tersebut kami pinjam untuk kami kaji. Jumlahnya (keseluruhan) tidak bisa kami hitung pasti, jumlahnya (yang beredar di masyarakat) lebih dari itu. Kalender tersebut kami dapatkan dari masyarakat, ada juga dari orang yang membagikan kalender,” jelas dia.

Dia mengatakan, belum dapat menentukan, apakah peredaran kalender tersebut terdapat unsur pelanggaran kampanye atau tidak. Pihaknya masih melakukan kajian dengan meminta keterangan sejumlah pihak.

“Kami sedang investigasi, kami lakukan kajian, sementara ini belum kami temukan (unsur) pelanggaran pemilu. Apakah melanggar perda (peraturan daerah) atau peraturan pemerintah atau apa, masih kami kaji,” ujar dia.

Sebelumnya, kalender serupa juga beredar di sejumlah wilayah di Kabupaten Purbalingga, Jateng.

Kompas TV Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, menggelar kampanye di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/3). Prabowo menyapa pendukungnya bersama Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Masyarakat dari berbagai daerah di Jawa Barat datang sambil membawa atribut dan bendera partai koalisi pendukung Prabowo. Dalam kampanye kali ini, Prabowo menyapa dan memberikan orasi politiknya di hadapan warga Jawa Barat. #PrabowoSubianto #KampanyePrabowoSubianto #Prabowo
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com