Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 WN Malaysia Ditangkap di Pelabuhan Feri karena Sembunyikan Sabu di Anus

Kompas.com - 28/03/2019, 15:30 WIB
Hadi Maulana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BATAM, KOMPAS.com - 2 warga negara Malaysia masing-masing berinisial LK (33) dan HBW (42) digelandang ke Kantor KPU BC Tipe B Batam Rabu (27/3/2019) kemarin.

Keduanya diamankan karena kedapatan membawa narkotika berupa methamphetamine atau sabu sebanyak 474 gram yang disembunyikan di dalam anus.

Kedua pelaku tiba di Batam melalui pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay menggunakan Ferry MV Ocean Dragon dengan rute perjalanan Stulang Laut, Johor, Malaysia ke Batam.

Baca juga: Konsumsi Sabu, Brigadir F, Anggota Polres Lhokseumawe Terancam Dipecat

Kabid Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) KPU Tipe B Batam Sumarna mengatakan, terungkapnya kasus ini berkat kecurigaan petugas terhadap kedua pelaku.

Dan setelah dilakukan pemeriksaan verbal dan dilanjutkan pemeriksaan urine, keduanya kedapatan positif methamphetamine.

Kemudian, petugas melakukan pemeriksaan lanjutan dengan membawa kedua penumpang ke Rumah Sakit Awal Bros Batam untuk pemeriksaan radiologi.

"Dan di situ kedapatan pada anus LK ada 3 benda mencurigakan, sedangkan pada HBW ada 4 benda mencurigakan yang semuanya diduga methamphetamine," kata Sumarna, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/3/2019).

Sumarna mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan radiologi dan interogasi mendalam terhadap kedua pelaku, akhirnya keduanya mau mengeluarkan methamphetamine yang disembunyikan di anus.

Baca juga: Demi Beli Sabu, Dua ABG di Palembang Nekat Menjambret

Dari sana didapati 7 kapsul dibungkus plastik bening yang berisi methamphetamine dengan berat brutto 474 gram.

"Setelah dilakukan pengujian dengan NIK, dipastikan bahwa barang-barang yang keluar dari anus kedua penumpang tersebut merupakan methamphetamine atau sabu," ujar Sumarna.

Tersangka dan barang bukti selanjutnya diserahkan ke Polda Kepri untuk proses lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com