Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Rumah Berukuran 1,3 Meter di Solo, Ini Faktanya

Kompas.com - 26/03/2019, 17:03 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Rumah milik pasangan Joko Priyanto dan Sri Maryani mendadak menjadi perbincangan di media sosial (medsos). Hal itu karena keunikan dari ukuran rumah mereka yang tak seperti rumah pada umumnya. 

Jika dilihat dari depan, rumah Joko hanya selebar satu meter.

Bangunan berlantai dua itu berlokasi di Jalan Kahuripan Barat I No 33, RT 002, RW 005, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: 5 Cara Menata Rumah Sesuai Kepribadian

Rumah tersebut terimpit di antara dua bangunan. Bagian kanan bangunan Paud Nur Ainiyah dan bagian kiri rumah warga.

Joko mengatakan, dari awal dia tidak punya niatan untuk mengkonsep rumahnya itu.

Awalnya, kata Joko, rumah itu dia beli dengan lebar 1,3 meter pada bagian depan. Joko membeli rumah itu tahun 2001 dengan harga Rp 36 juta dan masih satu lantai.

"Tidak sengaja, wong ini tidak dikonsep. Dari awal beli ya sudah seperti ini," kata Joko di rumahnya, Selasa (26/3/2019).

Rumah yang dihuni Joko, istrinya, Sri Maryani dan kedua anaknya tersebut membentuk huruf "b".

Baca juga: Saksi Sebut Ratna Sarumpaet Sudah ke Rumah Sakit Kecantikan sejak 2013

Jika dilihat sekilas dari depan, rumah Joko itu ukurannya kecil. Namun, setelah masuk ke dalam rumah tersebut ukurannya cukup lebar. Sesuai dengan sertifikat tanah, luas keseluruhan bangunan itu 55 meter persegi.

Rumah Joko dilengkapi ruang tamu sekaligus garasi, kamar mandi, kamar tidur dan dapur di lantai bawah. Kemudian lantai atas juga ada dua kamar tidur, ruang santai, kamar mandi dan ruang terbuka.

"Karena atap lantai bawah ini ambrol, kemudian saya rehab menjadi dua lantai sampai sekarang. Dulunya hanya satu lantai saja rumah saya ini," terangnya.

Dengan kondisi rumah yang terlihat kecil pada bagian depannya, Joko mengatakan tidak merasa sesak. Joko dan keluarganya sudah terbiasa dengan kondisi rumahnya tersebut.

"Pernah saya nempil (membeli dalam jumlah sedikit) tanah untuk melebarkan bagian depan, tapi tidak boleh. Saya disarankan untuk membangun dan meningkat rumah. Iya sudah sampai sekarang ya segini ukuran depan rumah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com