Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolres Siantar: Pemilu Kali Ini Cenderung Saling Menyerang

Kompas.com - 25/03/2019, 13:16 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Omppusunggu meminta agar masyarakat jangan menyebarkan berita dan informasi hoaks selama pelaksanaan Pemilu 2019.

Hal itu dia sampaikan saat menggelar pertemuan silaturahmi dengan puluhan pekerja media di aula Polres setempat di Jalan Sudirman Pematangsiantar, Senin (25/3/2019).

Heribertus menyampaikan itu dan menitip pesan melalui pekerja media untuk mendorong masyarakat lebih mengedepankan pemilu damai.

"Saya menitip ya kepada teman-teman media agar pemilu bisa berlangsung dengan damai, di antaranya menghindari penyebaran berita hoaks," katanya.

Heribertus juga menegaskan, ada pergeseran pola dalam pemilu kali ini dengan pemilu sebelumnya. Pemilu sebelumnya lebih banyak menyodorkan visi misi dan program calon.

"Namun kali ini cenderung dengan saling menyerang. Seperti menyebarkan berita hoaks," tukas Heribertus didampingi sejumlah perwira Polres Pematangsiantar.

Baca juga: Polda Sumbar Kerahkan 6.300 Personel Amankan Pemilu 2019

Untuk itu dia menegaskan, dalam pelaksanaan pemilu ini agar masyarakat jangan menyebar berita hoaks yang bisa mengganggu proses pemilu damai.

Dikatakan juga, beda pilihan dalam pemilu jangan dibuat jadi momentum untuk saling bermusuhan antar-sesama masyarakat, terutama di Pematangsiantar.

"Kita ini sesama anak bangsa jangan justru jadi bermusuhan selama pelaksanaan pemilu ini," tegasnya.

Heribertus pun meminta masyarakat agar tetap menyalurkan hak pilihnya dan jangan golput pada saat pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang.

Sementara itu, Kepala Satuan Intelijen AKP Sucipto Samosir dalam kesempatan tersebut mengatakan, sejauh ini keamanan di Pematangsiantar masih cukup baik menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Dari hasil pantauan terhadap tingkat kerawanan di 8 kecamatan masih terkendali dengan baik," katanya.

Baca juga: Kotak Suara Pemilu Diangkut Pakai Mobil Sampah di Makassar

Dia menegaskan, seluruh jajaran tetap disiapkan selama pelaksanaan pemilu agar tetap aman dan damai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com