Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Suara Pemilu Diangkut Pakai Mobil Sampah di Makassar

Kompas.com - 25/03/2019, 11:42 WIB
Hendra Cipto,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mendistribusikan logistik Pemilu ke tempat penyimpanan di setiap kecamatan di Kota Makassar. Pendistribusian logistik Pemilu ini dilakukan dengan menggunakan mobil truk sampah

Kotak suara yang berbahan karton dupleks dibawa dari gudang KPU Makassar di Jalan Perumnas Antang Raya, Kecamatan Manggala, menggunakan mobil 'Tangkasa' yang sehari-hari dioperasikan sebagai truk pengangkut sampah di Kota Makassar.

Ada sekitar 2.800 kota suara dibawa ke gudang kecamatan di Tamalate.

Baca juga: Kabupaten Bekasi Kekurang Truk Sampah, Sampah-sampah Tak Terangkut

Komisioner Bidang Teknis KPU Makassar, Muhammad Gunawan Mashar yang dikonfirmasi, Senin (25/3/2019) mengatakan, pengangkutan kotak suara dengan menggunakan mobil 'Tangkasa' merupakan bagian dari koordinasi distribusi.

Mobil tangkasa tersebut digunakan dalam keadaan bersih dan dilapisi dengan plastik pada alasnya.

“Baru kotak suara, surat suara belum. Kalau surat suara tidak akan didistribusikan pakai mobil tangkasa ke gudang-gudang kecamatan. Iya, ini adalah bagian dari koordinasi distribusi kami. Mobil tangkasa itu kami pakai dalam keadaan bersih. Selain bersih, juga dilapisi dengan plastik di bawahnya. Selain mobil tangkasa, kami juga dibantu Pemkot Makassar menggunakan mobil inflasi,” kata dia.

Gunawan berpendapat, jika penggunaan mobil Tangkasa untuk memaksimalkan pendistribusian logistik ke gudang-gudang kecamatan.

Baca juga: Anies Minta Truk Sampah di TPST Bantargebang Rutin Dicuci untuk Hilangkan Bau

“Intinya kami berusaha semaksimal mungkin logistik terdistribusi dengan cepat ke kecamatan. Kotak suara dulu didahulukan, lalu bilik suara. Sekarang proses pendistribusian kotak suara ke gudang-gudang kecamatan masih terus dilakukan sejak Sabtu (23/3/2019),” tambah dia.

Pendistribusian kotak suara menggunakan mobil sampah Tangkasa menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Sejumlah warganet mendapati mobil Tangkasa sedang mengangkut kotak suara lalu mengunggahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com