Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plt Bupati Cianjur Sarankan Kotak Suara Pemilu Dibuat Transparan

Kompas.com - 25/03/2019, 09:03 WIB
Firman Taufiqurrahman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Plt Bupati Cianjur Herman Suherman menyarankan agar kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019 dibuat transparan. 

Herman mengatakan, dengan dibuat transparan, masyarakat atau pemilih bisa mengetahui secara jelas isi di dalamnya.

“Jadi, lebih baik kotak suaranya itu transparan, sehingga masyarakat bisa melihat kotak suara itu ada isinya atau tidak," ujar Herman usai mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu 2019 yang digagas KPU Kabupaten Cianjur di Kompleks MAN Cianjur, Joglo, Sawah Gede, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu (24/3/2019).

Baca juga: Kotak Suara Rusak, KPUD Polman Minta Penggantian

Herman mengatakan, sempat mengalami kendala untuk melipat kembali kertas suara.

“Tapi kan asal sudah dicoblos dengan benar saja. Warna di masing-masing kertas suara cukup mencolok sehingga memudahkan pemilih untuk membedakannya,” kata Herman.

Herman mengajak warga Cianjur berbondong-bondong mendatangi TPS untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2019 dengan menyalurkan hak politiknya 

Pemkab Cianjur dan KPU Cianjur berharap tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 minimal bisa mencapai 70 persen.

Meski sulit mencapai target, kata Herman, tapi itu merupakan tantangan.

Ketua KPU Cianjur Hilman Wahyudi optimistis target partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 sebagaimana ditargetkan KPU Pusat sebesar 77,5 persen bisa tercapai di Cianjur.

Baca juga: Hasil Survei SMRC: Sikap Publik Terbelah soal Isu Kotak Suara dari Kardus Permudah Kecurangan

KPU Cianjur terus menyosialisasikan agenda pesta demokrasi lima tahunan itu secara masif ke seluruh wilayah dan ke berbagai kalangan, baik ke pemilih pemula maupun masyarakat umum.

Selain itu, kehadiran Relawan Demokrasi yang dibentuk sejak Januari 2019, diyakini Hilman bisa semakin mengoptimalkan sosialisasi pemilu di seluruh wilayah Kabupaten Cianjur.

“Sosialisasi dan wawar ke sekolah-sekolah, jejaring sosial dan lewat media massa juga terus gencar kita lakukan. Optimistis target pusat bisa terpenuhi di Cianjur,” kata Hilman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com