Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Hasil Survei Litbang "Kompas", Unggul di Wilayah Basis hingga Soal Militansi Pendukung

Kompas.com - 22/03/2019, 11:28 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan tingkat elektabilitas kedua pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di sejumlah wilayah mengalami perubahan.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf secara keseluruhan masih unggul di wilayah Pulau Jawa, sedangkan Prabowo-Sandi menang di wilayah Sumatera.

Khusus di Jawa Barat dan Banten, Prabowo-Sandi mengungguli Jokowi-Ma'ruf dengan angka 47,7 persen, sementara Jokowi-Ma'ruf hanya 42,1 persen.

Namun, secara keseluruhan di Pulau Jawa, elektabilitas pasangan Jokowi-Amin mencapai 51,3 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 34,0 persen.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Jokowi-Ma'ruf masih kokoh di wilayah Jateng-DIY

Capres nomor urut 01 Joko Widodo menghadiri deklarasi dukungan 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Maruf di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019). KOMPAS.com/Ihsanuddin Capres nomor urut 01 Joko Widodo menghadiri deklarasi dukungan 10.000 pengusaha untuk Jokowi-Maruf di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2019).
Meski mengalami penurunan, elektablitas Jokowi-Ma'ruf di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta masih kokoh.

Predikat Jateng-DIY menjadi lumbung suara bukanlan isapan jempol belaka. Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan dari akhir Februari hingga awal Maret 2019, Jokowi-Ma'ruf meraih 61,6 persen.

Di wilayah yang sama, Prabowo-Sandi meraih 18,4 persen.

Baca Juga: Survei Litbang "Kompas", Ini Pilihan Capres-Cawapres Berdasarkan Wilayah

2. Jokowi-Ma'ruf masih unggul di wilayah Jawa Timur

 Presiden Joko Widodo ketika bersilaturahmi dengan para petani karet se-Provinsi Sumatera Selatan di Balai Pusat Penelitian Karet Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sabtu (9 /32019).
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Presiden Joko Widodo ketika bersilaturahmi dengan para petani karet se-Provinsi Sumatera Selatan di Balai Pusat Penelitian Karet Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sabtu (9 /32019).

Masih dari hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di wilayah Jawa Timur belum tergoyahkan.

Survei di wilayah tersebut menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-Amin 57,1 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 27,8 persen.

Namun, dibandingkan dengan survei yang dilakukan pada Oktober 2018, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf mengalami penurunan. Saat itu tercatat Jokowi-Ma'ruf mencatat 69,6 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 18,8 persen.

Baca Juga: Jokowi: Perasaan Saya, Kita Akan Menang Tebal di Sumut...

3. Prabowo-Sandi menguat di wilayah Sumatera, Jakarta, dan Banten

Prabowo diarak pendukungnya saat berkunjung ke Ponpes Darussalam Sabtu 9/3/2019)ARI MAULANA KARANG/Kompas.com Prabowo diarak pendukungnya saat berkunjung ke Ponpes Darussalam Sabtu 9/3/2019)

Di wilayah Sumatera, elektabilitas Prabowo-Sandi meninggalkan jauh pesaingnya, Jokowi-Ma'ruf. Selisih elektabilitas kedua kandidat semakin lebar, yaitu dari 2,4 persen untuk keunggulan Prabowo-Sandi menjadi 13,5 persen.

Prabowo-Sandi mengungguli Jokowi-Ma'ruf dengan perolehan 50,5 persen, sedangkan Jokowi-Amin 37,0 persen di wilayah Sumatera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com