Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AL Tangkap 4 Penyelundup Narkoba, 50 Kg Sabu asal Thailand Disita

Kompas.com - 20/03/2019, 10:20 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com - Personel TNI Angkata Laut Lhokseuamwe menangkap empat tersangka yang menyelundupkan 50 kg sabu di perairan Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (18/3/2019).

Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI, Ali Triswanto menyebutkan, awalnya petugas sedang melalukan patroli di perairan Ujong Blang. Namun, petugas melihat perahu mencurigakan.

Baca juga: Pengedar Sabu-Sabu Ini Meronta dan Menangis Histeris saat Ditangkap

Petugas lalu melakukan pengejaran melibatkan Sea Rider, akhirnya menghentikan dua perahu tersebut dan melakukan penggeledahan.

“Kami geledahan, ditemukan 5 karung berisi 50 kotak sabu-sabu dengan berat perkotak 1 kilogram dengan jumlah seluruhan 50 kilogram. Mereka juga bawa satu senjata api jenis senjata api (pistol) dan tujuh butir amunisi,” kata Ali Triswanto, dalam konferensi pers, Selasa (19/3/2019).

Empat pelaku yang ditangkap beinisial IS (36), HS (27), IR (28), dan MA (27). Semua berasal dari Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Menurut keterangan pelaku, barang haram tersebut berasal dari Thailand.

Baca juga: Pengguna dan Pengedar Sabu Sempat Buang Barang Bukti saat Dibekuk Polisi

Sabu itu rencananya akan diedarkan di seluruh Aceh. Awalnya, sabu itu diangkut dengan kapal besar, setiba 700 mil dari pemukaan laut, sabu dipindahkan dengan menggunakan dua unit perahu.

Saat ini, pelaku dan barang bukti akan diserahkan ke BNNK Lhokseumawe untuk dilakukan pengembangan selanjutnya, kemudian tersangka akan diterbangkan ke Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com