Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Rusak, Kapal Pengangkut Surat Suara Tertahan di Pelabuhan Reo

Kompas.com - 19/03/2019, 14:56 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Khairina

Tim Redaksi


KUPANG, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Mentari yang mengangkut dua kontainer surat suara untuk Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga saat ini masih tertahan di Pelabuhan Reo.

Ketua KPU NTT Thomas Dohu mengatakan, kapal itu masih singgah di Pelabuhan Reo, Kabupaten Manggarai untuk menurunkan 20 kontainer yang diangkut bersama dua kontainer surat suara.

"Sebelum sandar di pelabuhan pada Minggu (17/3/2019), mesin kapal rusak. Mesin kapal baru berhasil diperbaiki sejak Senin (18/3/2019) kemarin sore, namun kapal belum bisa sandar karena masih ada kapal lain yang menurunkan muatan di pelabuhan," ungkap Thomas kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (19/3/2019).

Baca juga: Sebanyak 367.678 Surat Suara Pemilu di NTT Rusak

Menurut Thomas, kapal tersebut masih mengantre untuk menurunkan 20 kontainer di pelabuhan karena Dermaga Reo hanya bisa sandar satu kapal saja.

Thomas menyebut, 20 kontainer yang diangkut KM Mentari bukan berisi surat suara. Kontainer tersebut diangkut dari Surabaya, Jawa Timur.

Setelah kapal selesai menurunkan 20 kontainer, akan melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Manggarai Barat untuk menurunkan surat suara.

Thomas menyebut, pengiriman surat suara ke Manggarai Barat terlambat dari jadwal semula yakni 16 Maret 2019.

Thomas mengatakan, pada Selasa (18/3/2019) malam, anggota KPU bersama Bawaslu dan anggota Polres Manggarai Barat sudah bertolak ke Pelabuhan Reo.

Dia pun berharap bisa segera ada kejelasan apakah 20 kontainer sudah dibongkar dan kapan kapal tiba di Manggarai Barat.

Kompas TV Komisi Pemilihan Umum Kabupaten #Brebes membuka lowongan pekerjaan bagi ibu-ibu dalam kegiatan pelipatan surat suara yang akan digunakan pada #Pemilu2019 mendatang. Meski ada pembatasan jumlah pekerja dari pihak KPU, ibu-ibu yang biasanya hanya sebagai ibu rumah tangga itu rela mengantre. #KPU Brebes memberikan upah sebagai tenaga pelipat surat suara sebesar Rp 85 untuk setiap surat suara pilpres dan Rp 120 setiap lembarnya untuk #suratsuara DPD dan DPR RI.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com