Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Komputerisasi Lapas Kelas II B Sumedang Diretas

Kompas.com - 19/03/2019, 12:52 WIB
Aam Aminullah,
Khairina

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com -- Sistem komputerisasi Lapas Kelas II B Sumedang, Jawa Barat diretas (hacked) oknum tidak bertanggungjawab.

Pihak lapas baru mengetahui bahwa sistem komputerisasi mereka diretas sejak hari ini, Selasa (19/3/2019) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Hacker baru diketahui pihak lapas menyerang sistem komputerisasi mereka ketika tulisan running text di pintu utama masuk lapas berubah.

Semula running teks tersebut bertuliskan "Selamat Datang di Lapas Kelas II B Sumedang" berubah menjadi "Hacked Jiho ea Kon*** ;)".

Baca juga: Running Text Puskesmas Srondol Diretas Ajak Pilih Prabowo, Ini Penjelasan Wali Kota

Kepala Lapas Kelas II B Sumedang Ika Pribadi Nusantara mengaku kaget dan baru mengetahui hari ini.

"Tadi ada warga yang lapor tulisan running text-nya berubah jadi tulisan tidak senonoh," ujarnya kepada KOMPAS.com di depan pintu Lapas Kelas II B Sumedang, Selasa siang.

Nusantara menuturkan, adanya serangan hacker ini baru kali pertama terjadi.

"Serangan seperti ini baru kali ini terjadi, motifnya apa kami belum tahu. Dimungkinkan peretas masuk via sistem internet atau wifi. Yang pasti kami langsung melaporkan hal ini ke pihak berwajib melalui Polsek Sumedang Selatan," tuturnya.

Nusantara menyebutkan, selain menyerang running text, sejauh ini sistem administrasi lainnya masih normal.

"Kalau sistem administrasi lainnya sejauh ini masih normal, belum ada laporan atau keluhan dari pihak administrasi," tuturnya.

Setelah dilaporkan kepada pihak berwajib, Nusantara mendorong agar pihak kepolisian mengusut peretasan sistem komputerisasi di Lapas Kelas II B Sumedang ini.

"Iya kan ini cukup mengganggu ya, karena tulisan yang tercantum juga tidak baik, senonoh. Setelah nanti dari Polsek Sumedang Selatan ke sini, upaya dari kami untuk sementara memadamkan dulu running teks hingga benar-benar clear dulu," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com