Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

500 Hektar Lahan Sawah di Manggarai Barat Terendam Banjir

Kompas.com - 19/03/2019, 06:21 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 500 hektar lahan persawahan di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), terendam banjir.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Miqdon Abolla mengatakan, ratusan hektar lahan pertanian itu terendam, akibat dampak banjir yang melanda wilayah Manggarai Barat, pekan lalu

“Sesuai hasil koordinasi kita dengan Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Barat, yakni yang terdampak banjir pekan lalu adalah padi seluas 500 hektar di Kecamatan Komodo," ungkap Miqdon kepada Kompas.com di Kupang, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Ribuan Warga Korban Banjir dan Longsor di Manggarai Barat Masib Bertahan di Pengungsian

Menurut Miqdon, tanaman yang rusak dan terdampak banjir bervariasi, ada yang hampir panen, setengah umur, dan baru satu bulan.

Baca juga: IDI Turunkan 11 Dokter Dampingi Korban Longsor di Manggarai Barat

Miqdon mengatakan, khusus daerah yang terkena dampak bencana ini, pihaknya sudah mengambil langkah dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Jadi bagi daerah yang mungkin untuk ditanami kembali itu, pemerintah pusat siapkan benihnya. Kita tunggu data resmi dari Kabupaten Manggarai Barat, yakni terkait dengan lokasi, butuh benih jenis apa, dan berapa jumlahnya baru kita drop,” ucapnya.

Dia berharap, pemerintah Kabupaten Manggarai Barat segera menyampaikan data secara rinci.

"Pemerintah pusat akan siap membantu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com