Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin: Insya Allah, Saya Akan Datang Lagi Sebagai Wakil Presiden

Kompas.com - 18/03/2019, 21:41 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com- Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengatakan kepada santri dan warga Nahdliyin yang hadir pada acara silaturahmi di Pesantren Babussalam, Kalibening, Kabupaten Jombang, Senin (18/3/2019) petang, bahawa ia akan kembali ke Jombang sebagai wakil presiden Republik Indonesia.

"Hari ini saya minta doa, kalau hari ini saya datang sebagai calon wakil presiden, insya Allah saya akan datang lagi ke sini sebagai wakil presiden," kata Ma'ruf Amin.

Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin saat menutup tausiyah tentang kebangsaan, pentingnya menjaga persatuan dan keutuhan NKRI, serta pentingnya menghindari ungkapan caci maki antar sesama.

Baca juga: Ma’ruf Amin Berharap ke Depan Ada Wakil NU yang Jadi Presiden

Sebelumnya, di awal pidato, Ma'ruf Amin meminta agar seluruh rakyat Indonesia selalu bersikap optimistis dan mendoakan agar keutuhan NKRI tetap terjaga.

"Hari ini kita berdoa bersama untuk NKRI. Doa kita semua, mudah-mudahan NKRI diselamatkan oleh Allah SWT. Karena ada orang yang mengatakan, Indonesia tahun 2030, bubar. Indonesia tidak boleh bubar, betul?" kata Ma'ruf Amin, di hadapan ribuan warga NU dan kalangan santri.

Menurut ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif ini, keberlangsungan bangsa Indonesia harus disongsong dengan perasaan optimistis. Caranya dengan menjaga keutuhan NKRI.

"Indonesia tidak boleh bubar dan tidak boleh punah. Karena itu, NKRI harus kita jaga karena bagi kita NKRI adalah harga mati," lanjut Ma'ruf Amin.

Pada Senin petang, Ma'ruf Amin menghadiri acara silaturahmi yang digelar di Pesantren Babussalam Kalibening Jombang, serta peresmian rusunawa di pesantren setempat.

Selain dihadiri ribuan warga Nahdliyin dan kalangan santri, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar juga turut hadir dalam acara tersebut.

Baca juga: Meski Capek usai Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Tetap Hadiri Harlah NU di Gresik

Dalam sambutannya, Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa acara tersebut bukan kampanye, melainkan acara silaturahmi. Apalagi, Ma'ruf Amin masih memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga besar Pesantren Babussalam.

"Ini bukan kampanye, tetapi ini acara silaturahmi dalam rangka mendoakan Kiai Ma'ruf Amin yang sekarang menjadi cawapres," ujarnya saat sambutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com