Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Akan Konsultasi ke Keluarga Bung Karno soal Monumen di Aljazair

Kompas.com - 18/03/2019, 18:46 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mendesain monumen Presiden Soekarno untuk dibangun di salah satu pusat kota di Aljazair. Karena itu, Ridwan pun akan berkonsultasi dengan keluarga Bung Karno.

"Saya diminta mendesain sedang didiskusikan dengan keluarga Bung Karno untuk meminta pendapat," kata Emil, sapaan akrabnya saat ditemui di Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Pemerintah Aljazair Minta Ridwan Kamil Desain Alun-alun Soekarno

Emil mengatakan, jika sesuai jadwal monumen itu akan diresmikan oleh pemerintah Aljazair pada Juni 2019 mendatang. Rencananya, Presiden Megawati bakal diundang dalam peresmian itu.

"Kalau lancar akhir Juni mau dilaunching akan mengundang Bu Megawati. Ada festival Sukarno juga di bulan Juni. Kayak bunderan HI ada lingkaran dan patung Bung Karno," ungkapnya.

Baca juga: Ke Aljazair dan Maroko, Ridwan Kamil Incar Investor Timur Tengah

Emil menuturkan, monumen itu dibuat pemerintah Aljazair untuk mengenang jasa Bung Karno yang telah menginspirasi kemerdekaan Aljazair.

"Pemerintah Aljazair ingin menghormati KAA dan Bung Karno. Karena dulu pendiri Aljazair diundang ke KAA, benderanya dibikinkan Bung Karno. Pulang dari KAA mereka terinspirasi, didukung secara moril oleh KAA dan tahun 1962 mereka merdeka," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com