Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Raja Mataram di Imogiri Longsor

Kompas.com - 18/03/2019, 14:24 WIB
Markus Yuwono,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Kompleks Makam Raja Mataram di Imogiri, Desa Wukirsari, Bantul, Yogyakarta, longsor, Minggu (17/3/2019) malam.

Longsoran ini yang menimbun rumah dan diduga menyebabkan 2 orang hilang.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, longsoran terjadi di sisi timur makam atau bangunan baru.

Bangunan tersebut rencananya akan digunakan untuk perluasan makam.

Baca juga: Kabupaten Bantul Jadi Wilayah Terbanyak Terdampak Banjir dan Longsor

Sejumlah masyarakat datang ke lokasi untuk menyaksikan longsoran. Sementara di bawah sejumlah relawan masih melakukan upaya evakuasi. Jalan ditutup menggunakan palang bambu.

"Niku (bangunan) makam enggal (itu makam baru selesai dibangun)," kata Mujinah, warga Imogiri yang ditemui Kompas.com di lokasi, Senin (18/3/2019).

Kepala BMKG Dwi Korita Karnawati mengatakan,  meski berada di area lereng, pembangunan makam tersebut bisa dilakukan dengan berbagai catatan.

"Rekayasa bisa, jadi kalau di Indonesia memang alamnya tidak sedikit yang rawan. Ada rekayasa untuk perkuatan lereng di desain yang tepat. Kemudian, untuk saluran drainase, yang bisa menguras air yang meresap masuk pada lereng agar tidak mendorong untuk longsor. Bisa dikendalikan," katanya.

"Bahkan, drainase bisa menghindarkan air masuk ke dalam lereng. Dengan rekayasa itu bisa," katanya lagi. 

Kompas TV Warga Negara Malaysia yang tertimbun longsor di Air Terjun Kelep berhasil dievakuasi. Korban berhasil diselamatkan setelah 2 jam proses evakuasi yang melibatkan ratusan tim gabungan. Proses evakuasi pun menggunakan alat manual karena medan yang sangat sempit dan licin akibat guyuran hujan. Korban baru ditemukan dalam kondisi tewas dengan kondis terhimpit dua batu besar. Korban langsung dibawa ke rumah sakit Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sementara, untuk korban selamat lainnya dibawa ke puskesmas dan rumah sakit terdekat. Dari 24 wisatawan yang terjebak, tiga meninggal dunia dan 21 selamat. Dari 21 korban 14 WNA Malaysia selamat dan 7 merupakan WNI. #GempaLombok #GempadiLombok #WNITerjebakLongsor


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com