Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kios di Pasar Jombang Terbakar, Pedagang Terancam Tak Dapat Kompensasi

Kompas.com - 18/03/2019, 13:10 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Para pedagang di kawasan Pasar Legi, Jombang, Jawa Timur, yang kiosnya terbakar terancam tidak mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, kios-kios yang terbakar tidak diasuransikan.

"Untuk kompensasi, masih akan kami koordinasikan. Ketika saya tanya kepada ketua Paguyuban, bahwa (kios) belum ada asuransi," kata Mundjidah, saat meninjau lokasi kebakaran, Senin (18/3/2019).

Baca juga: 30 Kios di Pasar Legi Jombang Terbakar

Mundjidah menuturkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, terkait penanganan pedagang yang kiosnya terbakar.

Penanganan pasca-kebakaran yang menghanguskan puluhan kios milik pedagang dinilai memerlukan kejelian, sebab kios-kios yang terbakar tersebut berdiri di atas lahan di luar kewenangan Pemkab Jombang.

Puluhan kios tersebut, lanjut Mundjidah, berdiri diatas lahan milik PT KAI. Selama ini, pengelolaan pasar ditangani oleh Pemerintah Desa Jombang, Kabupaten Jombang.

"Kami akan lakukan koordinasi untuk ke depannya bagaimana. Karena ini kan juga tanah PT KAI, dulu kan (ini) stasiun. Dari PT KAI disewakan kepada desa, BUMDes yang mengelola sendiri," ungkap dia.

Sebelumnya, lanjut Mundjidah, para pedagang di lokasi itu rencananya direlokasi ke tempat baru. Namun, tempat baru tersebut tidak diminati para pedagang.

"Semula Pemkab sudah membangun pasar di Tembelang untuk menampung para pedagang yang di sini. Ternyata, masyarakat masih belum mau ke sana karena lihat kondisi pasar," ujar dia.

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan 18 Titik di Dumai

Sebagaimana diberitakan, pada Minggu (17/3/2019) tengah malam hingga Senin (18/3/2019) dini hari, kebakaran melanda komplek pasar Legi Jombang. Akibatnya, 35 kios dan 4 hunian di kawasan tersebut turut terbakar.

Kios yang terbakar merupakan tempat berjualan sayur-sayuran, buah-buahan serta bahan dan perlengkapan dapur.

Adapun lokasi kios yang terbakar, berada di sisi timur berjarak sekitar 100 meter pasar induk di komplek Pasar Legi atau Pasar Citra Niaga Jombang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com