Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Halmahera Selatan, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 16/03/2019, 16:23 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com — Wilayah laut di sebelah barat daya Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu (16/3/2019) pukul 14.30 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 5,6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,4.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko mengatakan, episenter gempa bumi terletak di koordinat 0,98 LS dan 126,88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 kilometer arah barat daya Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, di kedalaman 49 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat deformasi kerak bumi pada Lempeng Laut Maluku," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu sore.

Baca juga: Hari Ini, Halmahera Selatan Diguncang 21 Kali Gempa

Menurut dia, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah laut di sebelah barat daya Kabupaten Halmahera Selatan ini memiliki mekanisme pergerakan sesar oblique naik (oblique thrust fault).

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat dan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Labuha dan Pulau Obi dalam skala intensitas II-III MMI," ujarnya.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Edward.

Ia menambahkan, hingga pukul 14.55 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com