Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelayan Penombak Ikan Hilang Terseret Ombak Saat Menyelam

Kompas.com - 15/03/2019, 22:55 WIB
Ari Maulana Karang,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

GARUT, Kompas.com - Seorang nelayan bernama Sumhar Suhari, dilaporkan hilang terseret ombak di kawasan Pantai Cipalawah, Desa Sancang Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (14/3/2019).

Kapolsek Cibalong AKP Ridwan Tampubolon mengatakan, Sumhar yang merupakan warga Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, itu hilang saat tengah mencari ikan dengan cara menombak sambil menyelam. 

"Korban dilaporkan tenggelam Kamis pukul 16.00, hingga saat ini masih belum ditemukan," ujar Ridwan saat dikonfirmasi, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Seluruh Penumpang Kapal Pesiar yang Tenggelam di Laut Banda Ditemukan Selamat

Ridwan mengatakan, sebelum tenggelam korban telah diingatkan oleh warga lain yang tengah memancing untuk naik ke daratan, karena saat itu air laut akan pasang. Namun, korban masih tetap menyelam untuk menombak ikan.

Korban datang ke Pantai Cipalawah untuk mencari ikan sejak pagi hari. Sumhar datang menggunakan sepeda motor yang diparkir di depan warung di tepi pantai.

Ridwan menduga, korban kelelahan saat menyelam karena sejak pagi mencari ikan, atau tersangkut sesuatu saat menyelam hingga tak lagi muncul ke permukaan hingga terseret arus laut.

"Begitu mendengar kabar, sore itu kita langsung melakukan pencarian dengan warga dan nelayan hingga malam hari," katanya.

Baca juga: Tiba di Pelabuhan Ambon, 5 Turis Asing yang Tenggelam di Laut Banda Dibawa ke RS

Karena tak juga menemui petunjuk, polisi menghubungi Kantor Basarnas Bandung untuk ikut melakukan pencarian.

"Sampai sore ini, kita belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban," katanya.

Ridwan melihat, nelayan di sekitar Sancang memang sudah terbiasa mencari ikan meski saat ini gelombang tinggi. Termasuk dengan cara menyelam dan menjaring. Sayangnya, seringkali kurang memperhitungkan faktor keselamatan.

Humas Basarnas Bandung, Joshua Banjarnahor mengatakan, telah mengirim tim untuk melakukan pencarian.

Joshua mengatakan, tim melakukan pencarian dengan menyusuri kawasan pantai. Dari hasil evaluasi sementara, pencarian dihentikan dan akan kembali dilanjutkan besok pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com