Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambruk di Depan Bupati Saat Apel Hari Jadi, Kepala Disparbud Jepara Meninggal

Kompas.com - 15/03/2019, 17:18 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Khairina

Tim Redaksi


JEPARA, KOMPAS.com - Suasana khidmat apel pencanangan Hari Jadi Kabupaten Jepara, Jawa Tengah  ke 470 dan Hari Kartini ke 140 yang diikuti ratusan peserta di Alun-alun Jepara berubah gempar, Jumat (15/3/2019) pagi. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Basuki Wijayanto selaku Ketua Panitia mendadak lemas saat membacakan laporan kesiapan pelaksanaan HUT Kabupaten Jepara.

Ketika itu, di tengah lapangan, Basuki sudah membaca tiga lembar dari delapan lembar yang dipersiapkan di hadapan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.

Baca juga: Sidik Jari di e-KTP Ungkap Identitas Mayat Wanita dalam Karung di Jepara

Melihat kondisi itu, Wakil Kepala Kepolisian Sektor Jepara, Kompol Pranandya Subiyakto yang berada di barisan Pimpinan Perangkat Daerah langsung berlari menghampiri Basuki untuk memberikan pertolongan. Basuki kemudian dirangkul dan dipapah oleh Kompol Pranandya.

Aksi Kompol Pranandya ini lantas diikuti oleh Asisten III Setda Jepara Edy Sujatmiko dan Kepala Dinas Perhubungan Jepara Deni Hendarko serta peserta upacara.

Mereka bersama-sama membopong Basuki keluar lapangan. Basuki selanjutnya ditandu ke dalam mobil ambulans untuk dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kartini, Jepara. 

"Pada saat membaca laporan, beliau berhenti sejenak dan memegang dadanya. Seperti menahan sakit. Mengetahui hal itu, saya langsung berlari mendekati beliau. Saat saya rangkul, beliau membisikkan kalimat 'Saya sudah tidak kuat lagi'. Saat itu pula saya berusaha menolong beliau keluar lapangan," tutur Kompol Pranandya saat dihubungi Kompas.com melalui ponsel.

Basuki akhirnya mengembuskan napas terakhirnya meski sempat mendapatkan perawatan intensif di RSUD Kartini, Jepara pukul 07.20 WIB. 

"Dugaan penyakit jantung. Almarhum dimakamkan hari ini. Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya," pungkas Kompol Pranandya.

Kompas TV Untuk mengkampanyekan calon presiden dan wakil presiden #Prabowo-Sandi, DPD Partai Keadilan Sejahtera, #Kudus, Jawa Tengah, menggelar #flashmob di sepanjang Jalan Kudus Jepara, sambil memperkenalkan program partai kepada pengguna jalan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com