Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-OTT Romahurmuziy, Keberadaan Kepala Kanwil Kemenang Jatim Belum Diketahui

Kompas.com - 15/03/2019, 14:20 WIB
Ghinan Salman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepala Sub Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur Markus mengatakan, Kanwil Kemenag Jatim menggelar kegiatan Biometrik Haji di Surabaya.

Kegiatan tersebut digelar di Mal BG Junction yang rencananya juga dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin.

Namun, pihaknya sampai saat ini kesulitan untuk menghubungi pimpinannya. Dia juga menyebut Haris tidak hadir pada acara biometrik haji di Surabaya.

"(Agenda Kakanwil) ke BG Junction acara biometrik haji. Saya mencoba hubungi beliau jam 11.00, tapi enggak diangkat. Insya Allah beliau tidak hadir," kata Markus di Kanwil Kemenag Jatim di Jalan Raya Bandara Juanda Nomor 26 Sidoarjo, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Kemenag Bantah OTT Ketum PPP Romahurmuziy Terjadi di Kantor Kemenag Sidoarjo

Markus menyatakan, pihaknya masih akan mencari tahu posisi Haris berada di mana. Ia juga sudah berkoordinasi dengan Polda Jatim, namun belum ada jawaban.

"Kita kan butuh arahan beliau bagaimana situasi terkini itu kan. Sampai saat ini kita masih belum bisa kontak beliau," ujarnya.

Menurut Markus, telepon seluler Haris aktif ketika dihubungi. Hanya saja, setelah dihubungi berkali-kali tidak terangkat.

"Dicoba konfirmasi ke polda, tetapi polda juga masih belum memberikan jawaban. Makanya mungkin setelah ini kami akan coba koordinasi terus dengan Polda atau mungkin dengan pihak-pihak terkait yang memahami situasi terkini terkait dengan hal itu," jelasnya.

Baca juga: Ketua KPK Benarkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy Terjaring OTT

Markus juga menegaskan bahwa kegiatan biometrik haji di Surabaya tidak dihadiri pejabat atau politisi dari Jakarta.

"Tidak ada. Kita sudah klarifikasi bahwa tidak ada kejadian di sini. Itu yang butuh kami sampaikan ke publik. Bahwa di Kanwil kementerian agama jawa timur, tidak ada penangkapan siapapun. Itu harus clear," katanya.

Berdasar informasi yang beredar, KPK diduga melakukan OTT di Kantor Kanwil Jatim dan Hotel Bumi Surabaya.

Dari hasil OTT tersebut, penyidik KPK membawa salah satu ketum parpol dan hari ini sedang diperiksa di markas Polda Jatim.

Baca juga: BERITA FOTO: Suasana Terkini di Polda Jatim Pasca-Kabar KPK Tangkap Ketua Umum PPP

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo membenarkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (15/3/2019).

Agus belum mengungkap ia ditangkap bersama siapa saja dan terkait kasus apa.

"Betul, ada giat KPK di Jatim. Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim," kata Agus saat dikonfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com