Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Korban "Tubing" asal Malaysia Dijemput Keluarga

Kompas.com - 15/03/2019, 06:12 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAGELANG, KOMPAS.com - Korban tragedi tubing asal Malaysia, Hanizah (65), telah dijemput pihak keluarganya. Keluarga tiba di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang, Kamis (14/3/2019) pukul 19.00 WIB.

Rencananya, Jumat (15/3/2019) pagi, jenazah akan diterbangkan dari bandara Yogyakarta menuju Kuala Lumpur.

Pantauan Kompas.com, kedatangan keluarga disambut oleh sejumlah teman korban sesama agen pariwisata. Mereka terlihat saling menguatkan meski duka tidak bisa ditutupi.

Tidak lama kemudian, dilakukan penandatanganan berita acara dan serah terima jenazah korban.

Baca juga: Pasca-tewasnya 4 Wisatawan, Pemkab Magelang Tutup Sementara Seluruh Operator Tubing

Penyerahan jenazah dilakukan Kepala Satuan Reskrim Polres Magelang AKP Bayu Puji Hariyanto, kepada putri korban bernama Muhaini Shazi. Malam itu juga, jenazah dibawa dari RSUD Muntilan menuju Yogyakarta, sebelum kemudian diterbangkan ke negera asal korban.

Menurut salah satu agen pariwisata atau rekan korban, Erwin Santoso, di Yogyakarta peti jenazah akan diganti dengan peti berstandar internasional sesuai ketentuan pengiriman jenazah ke luar negeri menggunakan pesawat. Proses ini dilakukan di Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta (PUKY).

“Untuk penerbangan ke luar negeri memang memerlukan aturan harus peti yang berstandar internasional. Setelah itu, Jumat pagi, kami akan terbangkan jenazah menuju Jakarta. Dari Jakarta langsung menuju ke Kuala Lumpur. Perkiraan kami sampai sana sore,” ujar Erwin.

Hanizah merupakan satu dari 4 korban meninggal dunia akibat teseret arus banjir saat melakukan tubing di sungai Gono, Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: 6 Tips Aman Wisata River Tubing

 

Tiga korban lainnya telah diambil keluarga dan dimakamkan di alamat masing-masing di Bandung dan Jakarta.

Ketiganya adalah Jully (42), warga Kalideres, Jakarta Barat, Tantri Ariestiawati (51), warga Jalan Janur Asri 9, Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Sicilia Mantjoeng (48), warga Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com