Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggalian Situs Purbakala di Tol Pandaan-Malang Meluas

Kompas.com - 14/03/2019, 18:56 WIB
Andi Hartik,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Area ekskavasi situs purbakala di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang terus meluas. Tim ekskavasi memanfaatkan alat berat berupa ekskavator untuk mempercepat proses penggalian tanah.

Arkeolog dari Balai Pelesatian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, area ekskavasi hingga saat ini mencapai 10x25 meter ke arah barat. Sebab, di ujung lahan itu juga ditemukan struktur bangunan yang berupa susunan batu bata.

"Luas ekskavasi lebar 10 meter, panjang sekitar 25 meter," katanya, Kamis (14/3/2019).

Sementara itu, eskavator yang digunakan dipastikan tidak merusak struktur bangunan yang digali. Sebab, ekskavator itu hanya mengupas permukaan tanah sampai ditemukan tanda-tanda adanya struktur bangunan.

Setelah itu, penggalian dilanjutkan secara manual. Yakni dengan mencangkulnya dan membersihkannya dengan sekop berukuran kecil dan kuas.

Baca juga: Struktur Bangunan Baru Ditemukan saat Ekskavasi Situs di Tol Pandaan-Malang

Wicaksono mengatakan, ada tiga jenis bata yang menjadi struktur bangunan itu. Yakni batu bata berukuran panjang 38 centimeter, lebar 25 centimeter, dan tebal 8 centimeter.

Selain itu, ada batu bata berukuran panjang 32 centimeter, lebar 23 centimeter, tebal 6 centimeter serta batu bata berukuran panjang 35 centimeter, lebar 20 centimeter, tebal 7 centimeter.

Ukuran batu bata itu diperkirakan sudah ada di zaman sebelum Kerajaan Majapahit.

Arkeolog dari Universitas Negeri Malang yang juga Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) Jawa Timur, Ismail Lutfi belum memastikan bentuk dasar dan periodesasi struktur bangunan.

Lutfi mengatakan, masih terlalu dini untuk memastikan bentuk bangunan dan periodisasinya. Pihaknya mengaku masih menunggu proses ekskavasi selesai.

"Kita coba ikuti (gali) dulu yang ada di permukaan ini. Nanti kalau sudah diketahui bentuknya baru bisa bicara. Soalnya data penyertaannya juga belum ada," katanya.

Baca juga: Emil Dardak: Kita Syukuri Temuan Situs di Tol Pandaan-Malang

Sebelumnya, ditemukan struktur bangunan di lokasi proyek Tol Pandaan-Malang seksi 5 kilometer ke-37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Struktur itu ditemukan akibat terkeruk alat berat yang mengerjakan proyek tol. Tim ekskavasi terus menelusuri bentuk dasar struktur bangunan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com