Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi El Nino, Pemerintah Siapkan Helikopter di Daerah Rawan Karhutla

Kompas.com - 13/03/2019, 21:03 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, pemerintah telah melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat dampak El Nino.

Siti menyebut, salah satu upaya yang dilakukan dengan menempatkan helikopter di daerah-daerah rawan, seperti di Riau.

"Sejak awal Januari kemarin, saya sudah meletakkan helikopter di daerah rawan terjadinya karhutla," kata Siti, usai menghadiri acara Renungan Suci Hari Bakti Rimbawan ke-36, di kantor Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK Bogor (13/3/2019).

Siti mengklaim, pihaknya sejak awal sudah melakukan pencegahan karhutla dengan cara penetapan siaga darurat lebih cepat dan mengontrol titik hotspot api.

Baca juga: Kapolri Perintahkan Polda Riau Tindak Tegas Pelaku Karhutla

"Saya kira standar untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan sudah ada. Instruksi presiden sudah ada. Sebetulnya secara kebijakan dan teknis operasional cukup baik," sebut Siti.

Lanjut dia, dalam beberapa peristiwa karhutla di Indonesia, banyak petugas rimbawan yang gugur dalam menjalankan tugasnya.

Siti menilai, kerja para rimbawan mempunyai resiko tinggi saat berada di lapangan, salah satunya ketika harus menghadapi kasus kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga: Begini Sulitnya Padamkan Api Karhutla di Tanah Gambut Pelalawan Riau

Dia pun secara khusus meminta untuk diinventarisir dan di data berapa banyak jumlah petugas rimbawan yang telah gugur ketika menjalankan tugasnya.

"Memang berat tugas rimbawan dan harus ada dedikasi. Tapi, hal itu jangan sampai menyurutkan langkah kita agar kelestarian alam dan lingkungan hidup tetap terjaga, serta memberikan manfaat kepada masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan bagi generasi mendatang," tutup dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com