Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lahan Bekas Terbakar di Rupat Bengkalis

Kompas.com - 13/03/2019, 17:17 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meninjau lokasi lahan bekas terbakar di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu (13/3/2019).

Saat tiba di lokasi, hujan langsung turun dengan intensitas ringan.

Panglima TNI dan Kapolri serta rombongan mendarat dengan helikopter di Kecamatan Rupat sekitar pukul 12.40 WIB.

Kemudian Panglima TNI dan Kapolri serta rombongan menuju ke lokasi lahan bekas terbakar menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Diguyur Hujan Selama 4 Jam, Titik Api Karhutla di Rupat Bengkalis Padam

Peninjauan dilakukan di kebun karet masyarakat yang habis terbakar akibat dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) beberapa waktu lalu. Saat di lokasi, hujan turun dengan intensitas ringan.

"Ini adalah bagian dari TMC (hujan buatan), yang pertama. Yang kedua, keberkahan tuhan yang maha kuasa. Ya, mudah-mudahan tuhan yang maha kuasa terus menurunkan hujan di wilayah sumatera ini," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada wartawan di lokasi peninjauan.

Kebakaran, kata dia, saat ini sudah berhasil dipadamkan, sehingga tidak ada lagi api dan asap.

"Kondisi ini harus kita pertahankan. Saya minta doanya rekan-rekan media, supaya situasinya masih seperti ini. Kita sangat senang melihat dari udara, bersyukur tidak ada kebakaran. Kondisi ini kita jaga sama-sama," ungkap Hadi.

Baca juga: Ratusan Warga Serbu Posko Kesehatan Dampak Karhutla di Rupat Bengkalis

Lebih kurang lima belas menit di lokasi bekas lahan terbakar, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan kembali menuju lapangan bola kaki Sungai Ijab di Kelurahan Terkul, Kecamatan Rupat, untuk menghadiri sejumlah kegiatan.

Setelah meninggalkan lokasi, hujan pun langsung berhenti dan cuaca makin panas.

Sementara itu, peninjauan lokasi bekas karhutla, Panglima TNI dan Kapolri didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Bupati Bengkalis Amril Mukminin. 

Kemudian, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI M Fadjar, Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Ronny Irianto Moningka. 

Serta Kepala BPBD Riau Edwar Sanger dan sejumlah Kapolres dan jajaran aparat Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Baca juga: 1.300 Hektare Lahan Gambut Terbakar di Rupat Bengkalis

Sebagaimana diketahui, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, berlangsung lebih kurang satu bulan. Kebakaran ini sempat menimbulkan kabut asap yang menyelimuti permukiman warga.

Bagaimana tidak, kondisi kebakaran sangat parah disejumlah titik. Luas lahan yang terbakar hampir mencapai ribuan hektar

Upaya pemadaman dilakukan tim gabungan dari kepolisian, TNI, Manggala Agni, BPBD, masyarakat serta dibantu sejumlah perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com