Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Buruh Batu Cabut Laporan setelah Jadi Korban Penculikan Oknum Polisi

Kompas.com - 12/03/2019, 21:15 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pihak keluarga dari Harismail alias Ujang (25) telah mencabut laporan dugaan penculikan serta penganiayaan di Polda Sumatera Selatan, lantaran tak ingin memperpanjang kasus tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) saat menyambangi kediaman buruh batu itu di Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan pada satu pekan lalu.

Tenaga Ahli LPSK Mardiansyah mengatakan, pihak keluarga buruh batu itu mencabut laporan lantaran sejak dari awal mereka hanya ingin ada yang bertanggung jawab untuk mengobati Haris di rumah sakit hingga sembuh. Setelah Haris sembuh, keluarga pun langsung mencabut laporan di Polda Sumsel.

"Keluarga korban di rumahnya dan memang laporan itu sudah dicabut karena korban tidak berniat untuk proses secara hukum, hanya minta ada yang bertanggung jawab mengobati korban. Itu menurut Iwan, keluarga dari Haris," kata Mardiansyah melalui pesan singkat, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Pelaku Penculikan Buruh Batu yang Dipaksa Mengaku Memperkosa Bidan

Mardiansyah melanjutkan, meskipun korban telah mencabut laporan di kepolisian, mereka akan terus memantau kasus tersebut hingga pelaku ditangkap.

Selain itu, ia pun berharap Polda Sumsel agar dapat mengungkap oknum yang terlibat kasus penculikan Haris.

"Pencabutan laporan ini karena kehendak korban dan keluarga tanpa ada intimidasi atau pengaruh dari luar atau pihak mana pun. Tapi kita akan terus monitor," ujarnya.

"Dalam kondisi seperti ini memang sulit bagi LPSK memberikan perlindungan karena korban yang akan dilindungi ternyata tidak memerlukan perlindungan dan laporannya pun sudah dicabut dalam arti tidak ada proses hukum. Namun demikian saat bertemu dengan Polda Sumsel, LPSK menyampaikan harapannya pada polda agar pelaku penganiayaan dan penculikan ini dapat diungkap," tambah Mardiansyah.

Baca juga: Keluarga Buruh Batu yang Jadi Korban Penculikan Lapor ke Polda Sumsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com