Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan Sinergi BUMN, PT Timah Tbk Jadi Pelanggan Premium PLN

Kompas.com - 12/03/2019, 16:07 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARIMUN, KOMPAS.com - Sebagai salah satu bentuk sinergi antar-BUMN, PT Timah Tbk kini menjadi pelanggan premium PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri (UIWRKR). 

General Manajer PT PLN (Persero) UIWRKR M Irwansyah Putra mengatakan awal proses rencana penyambungan listrik ke PT Timah dimulai secara intensif sejak Oktober 2016. Sebelumnya, PT Timah menggunakan listrik dari pembangkit sendiri (captive power) untuk pabrik dan perumahannya. 

"Kami mencoba mengerti kebutuhan pelanggan sehingga pelanggan dapat fokus mengurus bisnisnya, biarkan kami PLN yang mengurus listriknya, sehingga sinergi ini dapat terjalin dengan baik," kata Irwansyah saat ditemui di Batam, Selasa (12/3/2019).

Irwansyah mengatakan layanan PLN ke PT Timah di Tanjung Batu meliputi kebutuhan listrik untuk 720 perumahan dan 20 fasilitas umum milik PT Timah. Total daya yang dipasok PLN sebesar 2.023.600 VA.

Baca juga: PLN Akan Bangun PLTU Sebesar 2x100 MW di Pulau Bintan

"Kebutuhan listrik tumbuh sangat cepat, sehingga PLN harus menyambut kesempatan ini dengan sistem pelayanan kelistrikan yang handal," jelas Irwansyah.

Rencananya, PLN juga akan menambah pasokan listrik layanan premium daya 555 KVA untuk fasilitas workshop PT Timah yang saat ini sedang dalam proses pembangunan perluasan jaringan.

"Dengan dilayaninya PT Timah sebagai pelanggan layanan premium saat ini, menambah jumlah pelanggan layanan premium dibawah PLN UP3 Tanjungpinang menjadi 41 pelanggan," pungkasnya.

Kepala unit Metalurgi PT Timah Tbk Nono Budi Priyono yang mengaku sinergi ini sudah lama diharapkan, sehingga pihaknya dapat fokus mengelola usaha yang ada di PT Timah Tbk.

"Semoga sinergi ini dapat terus berkelanjutan, karena ke depannya kami masih akan membutuhkan penambahan dan keandalan listrik PLN," ujar Priyono. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com