Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNA Masuk DPT Pemilu 2019 di DIY Menjadi Berjumlah 14 Orang

Kompas.com - 11/03/2019, 17:05 WIB
Wijaya Kusuma,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Temuan Warga Negara Asing (WNA) di daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 bertambah dari 10 orang menjadi 14 orang per Senin (11/3/2019). 

Rincian penambahan, yakni tiga WNA dari Sleman dan satu dari Gunungkidul. 

Awalnya dari penelurusan, Bawaslu DIY menemukan sebanyak 10 WNA yang masuk dalam DPT Pemilu 2019. Sebanyak 10 WNA yangterdaftar di DPT ini terdapat di Bantul sebanyak delapan orang, satu orang di Sleman serta satu orang di Kota Yogyakarta.

Baca juga: Bawaslu Jateng Kembali Temukan 8 WNA Masuk DPT Pemilu 2019

Menurut Bawaslu DIY, tambahan satu orang WNA dari Gunungkidul lantaran pada awal informasi, WNA tersebut disebut telah menjadi WNI. Namun saat ditelusuri dan dilakukan verifikasi, ternyata masih WNA asal Amerika Serikat (AS). 

"Update WNA masuk DPT per tanggal 11 Maret 2019 total ada 14. Bantul ada delapan orang, Sleman ada empat orang, Gunungkidul ada satu orang dan Kota Yogyakarta ada satu orang," kata Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu DIY Amir Nashirudin saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/03/2019). 

Baca juga: KPU Pastikan Mencoret Ratusan WNA yang Masuk DPT

Sebanyak 14 WNA ini diketahui dari Belanda, Jepang, Swiss, Spanyol, Amerika Serikat, Malaysia dan Australia.

"Data yang sudah diverifikasi kemudian dikirimkan ke Bawaslu RI untuk ditindaklanjuti sebagai saran perbaikan ke KPU RI," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com