Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Antar-Desa di Trenggalek Terputus Akibat Longsor

Kompas.com - 08/03/2019, 22:27 WIB
Slamet Widodo,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Jalan penghubung antar-desa yang berada di Dusun Nglangon, Desa Cakul, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek Jawa Timur (Jatim), terputus akibat tertimbun longsor, Jumat (8/3/2019) 

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, akan tetapi warga di dua desa yang hendak melintas mesti memutar mengambil jalur lain dengan jarak tempuh lebih jauh.

Jalur yang menghubungkan dua desa ini tertimbun material longsor berupa tanah dan pohon setebal 30 meter. Sedangkan dari sisi tebing setinggi 50 Meter dengan panjang timbunan longsor sepanjang 40 Meter.

Longsor mengakibatkan jalan sama sekali tidak bisa dilewati.

“Harus memutar lebih jauh sekali, dan lewat Kecamatan Panggul terlebih dahulu,” ujar Kepala Desa Cakul Marsum, Jumat.

Baca juga: Dua Orang Tewas dan 6 Lainnya Hilang akibat Longsor di Manggarai, NTT

Warga khawatir akan terjadi longsor susulan, melihat kondisi tanah di lokasi longsor masih labil.

“Ini tebal sekali, kalau dengan alat seadanya dan tenaga manusia akan memakan waktu sangat lama. Kalau sekedar bisa dilewati warga pejalan kaki, ini sedang diupayakan,” ujar Marsum.

Pemerintah Kabupaten Trenggalek berupaya untuk membersihkan material longsor dengan menggunakan alat berat. Rencananya, alat berat berukuran kecil akan didatangkan untuk mengefektifkan pembersihan material longsor.

Baca juga: Banjir dan Longsor Terjang Mamasa, 6 Rumah Ambruk

Plt Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin mengimbau agar warga masyarakat tidak membersihkan material secara manual, karena kondisi tebing masih rawan longsor.

“Jangan sampai justru akan ada korban kelongsoran, maka dari itu secepatnya kami datangkan alat berat ukuran kecil, dan warga disiapkan untuk membantu mobilisasi menuju kemari (lokasi longsor),” ujar Arifin.

Longsor terjadi pada Rabu malam saat hujan deras sekitar pukul 08.00 Wib. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, serambi masjid yang berada tepat di sekitar lokasi mengalami kerusakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com