Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Nasional Diharapkan Dorong Masuknya Investasi ke Karawang

Kompas.com - 07/03/2019, 08:15 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Adanya beberapa mega proyek nasional di Karawang dinilai bakal mendorong masuknya investasi yang menjanjikan di Karawang.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Karawang Eka Sanatha dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Karawang di Mercure Hotel, Rabu (6/3/2019).

"Kami berharap dengn adanya berbagai proyek nasional, kami berharap investasi t yang masuk ke Karawang bertambah," ujar Eka. 

Eka mengatakan, beberapa proyek nasional yang melintasi Karawang itu, diantaranya Transit Oriented Development (TOD) Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Tol Jatiasih-Sadang, hingga tol Layang Jakarta-Cikampek.

"Tol layang (Jakarta-Cikampek) dari Cikunir-Karawang Barat akan diuji coba pada mudik lebaran tahun ini. Ini akan memudahkan akses (dari dan ke luar Karawang) untuk ke Karawang," katanya.

Baca juga: Kejari Karawang Bentuk Tim Khusus Tangani Kasus video Jika Jokowi Terpilih, Tidak Ada Lagi Azan

Beroperasinya tol layang tersebut, kata dia, akan membuka akses menuju Karawang Timur. Pemerintah juha sudah menyiapkn pola ruang perkotaan dan industri di wilayah tersebut.

Selain tol Layang Jakarta-Cikampek, dalam waktu dekat pemrintah akan membangun tol Jatiasih-Sadang, yang melintasi Karawang sepanjang 24 kilometer. "Sehingga kita akan mempunyai dua jalan tol, di sisi utara dan sisi selatan. Insya Allah debgan adanya jalan tol akan semakin memudahkan akses menuju Karawang," katanya.

Eka mengakui, akhir-akhir ini investasi di Karawang melambat dan menjadi salah satu penyebab Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak mencapai target. Hal ini tidak terlepas dari indikator ekonomi makro nasional.

"Kami berharap ke depan mulai berjalan kembali inveatasi di karawang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com