Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Palur-Kedungbanteng Dibuka, Jarak Tempuh KA dari Solo hanya 30 Menit

Kompas.com - 05/03/2019, 13:30 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS. com - Jarak tempuh kereta api dari Solo, Jawa Tengah hingga Kedungbanteng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur sekarang lebih cepat dengan dibukanya jalur ganda Stasiun Palur-Stasiun Kedungbanteng.

Biasanya ditempuh 45 menit perjalanan, kini dengan dibukanya jalur ganda hanya ditempuh sekitar 30 menit perjalanan.

"Dengan yang ada sekarang dari Solo sampai Kedungbanteng hanya sekitar 30 menit, " kata Kepala PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto di Stasiun Kemiri, Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2019).

Menurut Eko, jika kecepatan kereta api ditingkatkan maka jarak tempuh perjalanan dari Solo menuju Kedungbanteng akan lebih cepat.

Baca juga: KAI Daop 6 Yogyakarta Operasikan Jalur Ganda Stasiun Palur-Kedungbanteng

Meskipun demikian, pihaknya tetap akan mengutamakan keselamatan karena masih ada beberapa perlintasan kereta api tanpa dilengkapi palang pintu.

"Nanti tanda-tandanya kita lengkapi. Karena sekarang lintas Solo sampai Kedungbanteng ini double track. Satu titik perlintasan bisa dua kereta bersamaan," kata dia.

Seperti diketahui, pengerjaan jalur ganda dari Stasiun Palur, Solo ke Stasiun Kedungbanteng, Kabupaten Ngawi sepanjang 34 kilometer dimulai sejak Mei tahun 2017 dengan menelan anggaran senilai Rp 1,3 triliun.

Pengerjaan jalur ganda tersebut saat ini tinggal menyisakan Stasiun Jebres, Solo hingga Stasiun Palur atau sepanjang 4,6 kilometer.

"Mungkin jalur ganda dari Stasiun Jebres ke Stasiun Palur akan kita operasikan sekitar April," kata Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zamrides.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com