Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Bengkulu Jajaki Kerja Sama Pengolahan Air dengan Iran

Kompas.com - 05/03/2019, 11:31 WIB
Firmansyah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan berkunjung ke Republik Islam Iran, Senin (4/3/2019).

Lawatan ini untuk menyukseskan kerja sama antara Pemerintah Kota Bengkulu dan Iran dalam pengolahan air bersih dengan teknologi nano.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan disambut langsung oleh Duta Besar RI untuk Iran Octravino Alimudin di Teheran. Helmi mengatakan, kerja sama ini penting karena Kota Bengkulu sangat membutuhkan air bersih.

Dia menambahkan saat ini Kota Bengkulu sudah termasuk dalam situasi darurat air bersih. Dalam jangka waktu 5 hingga 6 bulan kemarau, PDAM sudah kewalahan menyalurkan air bersih dengan kualitas baik.

“Ini adalah upaya kita untuk memberikan air bersih untuk masyarakat,” kata Helmi Hasan dalam keterangan persnya, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: Resmikan Sarana Air Bersih di Tempat Kumuh, Edy Rahmayadi Dipuji Warga

Wali Kota Helmi Hasan menjelaskan, pengendalian mutu air bersih menggunakan teknologi nano sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Teknologi nano merupakan material berukuran nano yang dapat terbentuk dari beberapa senyawa pembentuknya. Nano memiliki peran dalam pengolahan air kotor menjadi air bersih. Dari segi efektivitas dan biaya, nano juga menjadi teknologi pengolahan air yang memiliki peluang besar untuk diterapkan di suatu daerah,” jelasnya.

Karakteristik tiap nano, sambungnya, berfungsi sebagai adsorben dan dan bersifat fotokatalitik dalam proses pengolahan air.

Beberapa percobaan dan pengujian terhadap material berbasis nano ini juga telah dilakukan untuk membuktikan bahwa nanomaterial memiliki banyak keuntungan dalam mengolah air dibandingkan teknologi konvensional yang ada pada saat ini.

“Dalam kunjungan ini kita juga melakukan penjajakan peluang investasi Iran di Kota Bengkulu. Dan, alhamdulillah dubes RI untuk Iran merespons positif,” tutup Helmi.

Baca juga: Disebut Kekurangan Air Bersih dalam Pidato Prabowo, Bupati Sragen Angkat Bicara

Dalam lawatannya ke Iran, Helmi Hasan dan rombongan akan bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan, pemerintah dan pihak swasta.

“Dubes RI untuk Iran sangat bersemangat dalam memfasilitasi pertemuan ini,” katanya.

Untuk diketahui, turut mendampingi dalam kunjungan ini Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu Arif Gunadi dan Kepala Bapenda Kota Bengkulu Hadianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com