Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Daop 6 Yogyakarta Operasikan Jalur Ganda Stasiun Palur-Kedungbanteng

Kompas.com - 05/03/2019, 10:16 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta secara resmi mengoperasikan jalur ganda dari Stasiun Palur ke Stasiun Kedungbanteng, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur sepanjang 34 kilometer.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zamrides mengatakan, jalur ganda dari Stasiun Palur menuju Stasiun Kedungbanteng, Kabupaten Ngawi tersebut telah dikerjakan sejak Mei tahun 2017.

"Hari ini jalur ganda dari Stasiun Palur ke Stasiun Kedungbanteng sudah kita operasikan secara utuh. Dan pada hari inu juga kita mengoperasikan jalur ganda Purwokerto-Kroya secara penuh sepanjang 27 kilometer," katanya di sela-sela pengoperasian jalur ganda dari Stasiun Palur menuju Stasiun Kedungbanteng di Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: KAI Daop 7 Madiun Siapkan 10 KA Tambahan Selama Lebaran 2019

Dikatakan, sebelum dibukanya jalur ganda Stasiun Palur menuju Stasiun Kadungbanteng jarak tempuh kereta api dari Solo menuju Kedungbanteng sekitar 45 menit. Kini, dengan dibukanya jalur tersebut jarak tempuh kereta api hanya sekitar 30 menit.

"Masih ada satu petak lagi yang belum kita operasikan, yaitu jalur Solo Jebres ke Stasiun Palur. Mungkin itu akan kita operasikan pada April," jelasnya.

Setelah dioperasikan jalur ganda Solo-Kadeungbanteng, katanya akan menyusul jalur ganda Solo-Kedungbanteng, Kedungbanteng-Madiun, dan Madiun-Jombang. Pihaknya, berharap semua jalur tersebut dapat dioperasikan tahun ini.

Baca juga: Tiket KA Lebaran Sudah Bisa Dipesan, Daop 2 Bandung Siapkan 4 Kereta Tambahan

Kepala KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto menambahkan, pengerjaan jalur ganda Stasiun Palur-Stasiun Kedungbanteng sesuai rencana. Sehingga pagi ini jalur tersebut sudah dioperasikan secara penuh.

"Dalam operasional ini tadi kereta api pertama yang melintas adalah KA Sancaka reguler relasi Yogyakarta-Surabaya," terang Eko.

Eko mengatakan, pihaknya akan terus memantau pengoperasian jalur ganda Stasiun Palur-Stasiun Kedungbanteng karena masih ada beberapa penyempurnaan di beberapa titik.

Lebih jauh, Eko berharap sebelum Lebaran jalur ganda yang saat ini dikerjakan Daop 6 Yogyakarta mulai dari Stasiun Kutoarjo hingga Stasiun Kedungbanteng sudah bisa tersambung semuanya.

"Ini akan memberikan dampak pelayanan yang baik terhadap pengguna transportasi kereta api. Kita juga akan melakukan kajian untuk memberikan pelayanan angkutan," imbuh Eko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com