Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pulang dari RSHS, Dokter Sebut Kondisi Medis Sunarti Baik

Kompas.com - 04/03/2019, 15:50 WIB
Agie Permadi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, mengungkapkan sebelum pulang dirawat dari RSHS, kondisi Sunarti, pasien penderita obesitas asal Karawang Jawa Barat, dalam keadaan baik.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dr R Nina Susana Dewi, yang ditemui usai konferensi pers di RSHS Bandung, Kota bandung, Jawa barat, Senin (4/3/2019).

"Saat itu, kondisi medis Sunarti dinyatakan telah bagus, baik dari tensi, nadi, respirasi hingga suhu juga bagus, ia juga tidak mengalami sesak nafas," ujar Nina.

Bahkan, kata Nina, Sunarti sudah bisa duduk tegak 90 derajat, dan sudah bisa menoleransi kalori makanan sebanyak 450. 

Baca juga: Sunarti, Penderita Obesitas Asal Karawang Meninggal Dunia

"Jadi, tim medis menyatakan kondisi tersebut bisa dilakukan perawatan secara mandiri di rumah yang tentu dengan memberikan obat dan edukasi bagaimana cara memberikan pola makan yang bersangkutan," kata dia.

Sunarti dirawat di RSHS mulai tanggal 1 februari 2019. Guna merawat Sunarti, RSHS membentuk tim khusus yang terdiri dari 18 dokter sub spesialis, dan 2 dokter spesialis.

Pada tanggal 18 februari 2019, pasien Sunarti dilakukan operasi bariatrik yaitu berupa tindakan pengecilan lambung. Tindakan operasi berjalan dengan baik dan selama pascaoperasi, pasien dalam kondisi yang baik, begitupun setelah operasi.

Tanggal 1 Maret 2019, tim medis menyatakan pasien aman untuk dipulangkan karena saat itu kondisi medis Sunarti dinyatakan telah bagus, baik dari tensi, nadi, respirasi hingga suhu juga bagus.

Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dr Ervita Ritonga menambahkan, setelah dilakukan operasi bariatrik, Sunarti melakukan pemulihan dengan dirawat di ruang ICU, untuk kemudian di hari ketiga pasien dipindahkan ke ruang rawat biasa.

"Selama perawatan di ruang biasa hingga pulang sebetulnya kondisinya perbaikannya progresivitasnya terlihat dari rasa nyeri berkurang, asupan makan semakin baik sesuai dengan target yang kami tetapkan, kemudian mobilisasi pasien juga sudah bisa miring kanan dan kiri meski perlu bantuan, dan sudah bisa duduk pada dua hari terakhir sebelum pasien dipulangkan," kata dia.

Baca juga: Sunarti Penderita Obesitas 148 Kg Meninggal, Ini Penjelasan Dokter di Bandung

Dengan pertimbangan kondisi pasien yang baik dan stabil serta tidak ada keluhan apapun, tim dokter pun menyatakan pasien bisa pulang.

"Keluarga pun sudah cukup mengerti apa yang harus dilakukan di rumah, jadi pasien kami pulang kan 1 Maret kemarin," kata dia.

Pasien pun pulang diantar ambulans sampai ke rumahnya di Perumahan Terangsari, Desa Cibalongsari, Kabupaten Karawang. "Pulangnya diantar keluarga," kata dia.

Sebelum pulang, Ervita sempat bertemu pasien dan keluarganya. "Sebelum pulang tidak ada keluhan apa-apa," ujar dia.

Seperti diketahui, Sunarti (39), penderita obesitas asal Karawang, Jawa Barat, itu meninggal dunia pada Sabtu (2/3/2019) pukul 04.00 WIB di kediamannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com