Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hektare Lahan di Aceh Terbakar, Diduga karena Puntung Rokok

Kompas.com - 03/03/2019, 09:57 WIB
Robertus Belarminus

Editor

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Lahan seluas dua hektare yang ditumbuhi rerumputan dan semak belukar hangus terbakar di Gampong (desa) Datuk Saudane, Kecamatan Babussalam, Aceh Tenggara, Sabtu (2/3/2019).

Penyebab kebakaran lahan ini diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan.

"Diduga akibat puntung rokok, dua hektare lahan hangus terbakar di Aceh Tenggara," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek, di Banda Aceh, seperti dilansir dari Antara, Minggu (3/3/2019).

Baca juga: Kebakaran Lahan Tak Kunjung Padam, Warga di Rupat Berharap Turun Hujan

Kobaran api di lahan tersebut, lanjut dia, dilaporkan sudah dapat dipadamkan oleh petugas dari tim gabungan, yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan masyarakat setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara mengerahkan satu unit mobil pemadam untuk melakukan upaya pemadaman titik api yang membakar semak belukar ini.

"Petugas dari tim gabungan yang turun ke lapangan tidak menemui kendala berarti. Karena mayoritas semak belukar, masih dalam kondisi hijau," kata dia.

Pihaknya memastikan tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran ini, baik korban jiwa maupun warga yang mengungsi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan, dewasa ini cuaca di Aceh menunjukkan sedang memasuki masa peralihan dari musim penghujan menuju ke musim kemarau.

Baca juga: Warga Bantu Padamkan Api Kebakaran Lahan Gambut di Bengkalis

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Blangbintang, Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, selama Februari 2019, merupakan masa peralihan cuaca dari musim penghujan menuju kemarau di wilayah paling barat di Indonesia tersebut.

"Pada cuaca panas seperti saat ini berpotensi muncul angin kencang, dan cenderung terjadi puting beliung di suatu wilayah akibat tumbuhnya awan cumulonimbus," kata dia.

Kompas TV Polisi melakukan penyelidikan terkait kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Saat ini polisi telah menetapkan satu orang tersangka yang diduga melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan perkebunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com