Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegigihan Nenek Aisyah, Guru Ngaji yang Ingin Bertemu Jokowi

Kompas.com - 02/03/2019, 12:29 WIB
Kiki Andi Pati,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KENDARI, KOMPAS.com - Seorang guru mengaji, Siti Aisyah (71), berusaha menerobos barikade pengamanan, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Sodoha,  Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (2/3/2019)

Nenek Aisyah yang datang seorang diri ke lokasi TPI ingin bertemu langsung dengan Presiden Jokowi.

Namun langkahnya harus terhenti ketika petugas pengamanan presiden meminta Nenek Aisyah untuk menunjukkan kartu pengenal yang atau ID card resmi yang dikeluarkan panitia.

Kepada panitia penyaluran Ultra Mikro di TPI, Nenek Aisyah memperlihatkan surat keterangan yang menyatakan bahwa dirinya memang seorang guru ngaji.

Baca juga: Blusukan ke Pasar di Kendari, Jokowi Beli Oleh-oleh untuk Jan Ethes dan Sedah Mirah

Tak hanya itu, ia juga memperlihatkan KTP dan salah satu foto sebagai bukti ia selama ini bekerja keras sebagai perajin penapis beras dan membuat kue untuk menghidupi anak- anaknya sejak puluhan tahun lalu. Ia juga menunjukkan Al Quran yang disimpan di dalam tasnya.

"Lama mi kasian saya lihat di TV, makanya saya ke sini ingin bertemu langsung dengan beliau, Pak Presiden Jokowi," kata Nenek Aisyah di TPI lokasi kunjungan Jokowi.

Aisyah yang merupakan warga Keluruhan Kemaraya, Kota Kendari, mengaku masih memiliki suami, tetapi kondisinya saat ini tengah sakit atau buta. Aisyah berjuang seorang diri menyekolahkan anak-anaknya. Ia rela tidak membangun rumah karena uangnya dipakai biaya sekolah anak-anaknya.

Tekad kuatnya untuk bertemu Jokowi tak lain hanya untuk mengucapkan terima kasih kepada Presiden.

"Jadi saya mau sampaikan terima kasih ke Pak Jokowi karena sudah menaikkan gaji suami saya yang sudah pensiun," tuturnya.

Nenek Aisyah sempat diminta keluar dari lokasi pertemuan penyaluran Ultra Mikro itu. Namun ia tidak putus asa dan tetap menunggu di pintu masuk.

Akhirnya Aisyah diizinkan masuk oleh petugas pengamanan dan bergabung dengan ratusan penerima Ultra Mikro. Namun niatnya untuk bertemu langsung dan berjabat tangan dengan Jokowi tak kesampaian.

Baca juga: Jokowi Jalan Sehat Bareng Warga Kendari

Dalam kunjungan di Kendari, Jokowi mengikuti Jalan Sehat, kemudian mendatangi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Kendari. Di sana, Jokowi menyalurkan bantuan ultra mikro (UMi) kepada 700 orang pelaku usaha mikro di Kota Kendari dan penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com